Find Us On Social Media :

Apa Itu Natural Language Processing (NLP) dan Apa Saja Contohnya?

By Rafki Fachrizal, Rabu, 18 Agustus 2021 | 20:30 WIB

Ilustrasi Natural Language Processing (NLP)

AI/Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan telah memberikan dampak besar pada berbagai industri di dunia.

Teknologi ini telah membantu perusahaan/organisasi dari banyak industri untuk memberikan keuntungan terhadap bisnisnya, seperti mengoptimalkan efisiensi dan mengumpulkan wawasan baru dari data mereka.

Dalam teknologi AI, ada beberapa cabang disiplin ilmu yang salah satunya yaitu NLP (Natural Language Processing).

Apa itu NLP? NLP adalah kemampuan program komputer untuk memahami bahasa manusia seperti yang diucapkan dan ditulis - disebut sebagai bahasa alami.

NLP menggabungkan linguistik komputasi - pemodelan bahasa manusia berbasis aturan - dengan model statistik, machine learning (pembelajaran mesin), dan deep learning (pembelajaran mendalam).

Bersama-sama, kesemua teknologi itu memungkinkan program komputer untuk memproses bahasa manusia dalam bentuk teks atau data suara dan untuk 'memahami' makna sepenuhnya, lengkap dengan maksud dan sentimen pembicara atau penulisan.

NLP dapat membantu perusahaan meningkatkan wawasan mereka dan mendapatkan lebih banyak visibilitas ke semua aspek operasi yang dihadapi pelanggan mereka daripada sebelumnya.

Berdasarkan laporan Statista di tahun 2019, diproyeksikan bahwa pasar NLP akan meningkat menjadi lebih dari $43 miliar pada tahun 2025.

Contoh Penggunaan Natural Language Processing

Saat ini, ada banyak contoh penggunaan dari teknologi NLP. Berdasarkan informasi yang dirangkum oleh InfoKomputer, berikut beberapa contohnya:

1. Perangkat Smart Home

Perangkat smart home seperti Alexa dan Google Home menjadi semakin populer, terutama di kalangan genarasi muda.

Dikutip dari Digitized House, 58% milenial saat ini memiliki perangkat smart home dengan kemampuan kontrol suara.