Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan pemilik bisnis online untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas traffic ke situs webnya.
Fungsi dari SEO yakni mengoptimasi situs web bisnis Anda agar berada di peringkat teratas mesin pencari (search engine) seperti Google, sehingga jumlah pengunjung yang datang ke situs web akan ikut bertambah dan membuka potensi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Pemanfaatan SEO menjadi salah satu bentuk pemasaran yang menguntungkan. Selain gratis, SEO juga dapat membantu meningkatkan brand awareness serta kredibilitas bisnis online Anda.
Yang perlu dilakukan hanyalah mempelajari bagaimana SEO bekerja dan penerapannya pada website bisnis.
Lantas, bagaimanakah cara mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan performa bisnis online?
Menurut Fandi Prathama selaku Digital Marketing Manager Zilingo, ada lima cara yang bisa dilakukan, yaitu:
1. Pilih Keyword yang Tepat
Anda pasti familiar dengan cara kerja mesin pencari. Seperti misalnya Google, cukup dengan mengetik kata kunci atau keyword yang sekiranya mewakili apa yang ingin Anda ketahui dan Google akan merekomendasikan beberapa situs web untuk Anda.
Beberapa situs web yang berada di peringkat teratas biasanya menjadi yang paling sering diklik karena dianggap sebagai jawaban yang paling relevan.
Anda harus mengetahui beberapa keyword yang sering digunakan pengguna mesin pencari untuk mengoptimasi situs web bisnis Anda.
Salah satu alat pencari keyword yang dapat membantu Anda adalah Google Keyword Planner.
Pertimbangkan volume pencarian, kompetisi, dan maksud dari keyword. Semakin besar angka yang tertera pada volume pencarian maka semakin baik.
Sementara angka yang tertera pada tab kompetisi menunjukan banyaknya pengguna lain yang memakai keyword tersebut, sehingga semakin besar angkanya justru semakin sulit peluang situs web Anda berada di peringkat atas mesin pencarian.