Find Us On Social Media :

Contoh Pemanfaatan Artificial Intelligence di Industri Media & Hiburan

By Liana Threestayanti, Minggu, 19 September 2021 | 16:30 WIB

Ilustrasi contoh pemanfaatan AI di industri media dan hiburan.

Industri media dan hiburan saat ini harus menghadapi pasar yang semakin kompetitif namun penuh ketidakpastian. Tantangan ini tak pelak mendorong perusahaan-perusahaan di bidang ini untuk menekan biaya operasional, tapi secara bersamaan mereka harus meningkatkan pemasukan melalui konten-konten yang akan mereka sajikan. 

Di sinilah peran kecerdasan buatan dibutuhkan, terutama dalam memahami dan menyikapi kompleksitas dan perubahan cepat pada perilaku konsumsi konten oleh audiens. Perusahaan teknologi sekaligus kompetitor perusahaan media dan entertainment konvensional saat ini, seperti  Google, Amazon, dan Netflix, telah menerapkan model-model bisnis berbasis data. Dengan data science dan AI, mereka dapat memahami dan menciptakan nilai bagi pelanggan dengan menghadirkan konten yang disukai dan relevan dengan kebutuhan pelanggan. 

Beruntung, industri media dan hiburan sudah memiliki modal besar untuk menumbuhkan bisnisnya.  Laporan tentang AI dan masa depan dunia hiburan, “A New Day in The World of Content”, yang disusun oleh IBM Institute for Business Value menemukan adanya beragam data digital eksternal yang terkumpul dari aktivitas konsumsi media oleh audiens, seperti data teks yang dihasilkan pelanggan, data medsos, data pasar, gambar dan video. Di sisi internal sendiri, bisnis media dan hiburan selalu berkutat dengan data jumlah pelanggan, rating, dan sebagainya.

Berdasarkan data PwC, pendapatan industri Media and Entertainment secara global diharapkan mencapai angka US$2,2 triliun di tahun 2023. Menurut Global Entertainment & Media Outlook 2021-2025 yang diterbitkan PwC, pertumbuhan sebesar 6,5 persen di 2021 masih sesuai prediksi, dan diperkirakan mencapai 6,7 persen di 2022. Pertumbuhan ini didorong oleh permintaan tinggi terhadap konten dan iklan digital. 

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

Contoh Penerapan AI di Industri Media dan Hiburan

Ada empat area di mana penerapan Artificial Intelligence dapat dilakukan secara luas.

#1 Pengalaman dan Personalisasi Pelanggan

Personalisasi pengalaman pelanggan menjadi semakin kompleks sehingga dibutuhkan peran teknologi seperti AI untuk menciptakan layanan yang lebih personal untuk ratusan juta, bahkan miliaran, pelanggan. 

Contoh pemanfaatan AI di sini adalah merekomendasikan konten yang disesuaikan dengan selera pelanggan, bahkan dengan memerhatikan bandwidth dan kecepatan internet si pelanggan. Salah satu pemain di industri ini yang telah sukses menerapkan cara ini adalah Netflix.

Memiliki 209 juta pengguna yang merupakan paid membership di seluruh dunia sampai dengan kuartal 2 2021 dan 2,2 juta menit konten yang tersedia, platform Netflix sukses berkat kekuatan sistem rekomendasinya.

Netflix juga memiliki tool Dynamic Optimizer berbasis machine learning untuk memastikan penggunanya menikmati pengalaman streaming yang berkualitas tinggi. Tool ini dikembangkan Netflix bersama Nantes University, Perancis, dan University of Southern California, AS.