Find Us On Social Media :

Apa Itu Data Scientist? Profesi IT yang Makin Banyak Dicari Perusahaan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 29 September 2021 | 13:24 WIB

Ilustrasi Data Scientist

Sejak beberapa tahun belakangan, muncul istilah ”data is the new oil” di kalangan perusahaan atau organisasi yang mulai melakukan transformasi digital.

Maksud dari kata tersebut adalah bahwa data telah dianggap sebagai harta kekayaan baru yang nilai harganya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga minyak.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan di dunia yang mulai memberikan perhatian lebih pada data yang mereka miliki.

Untuk bisa mengolah data dengan baik, perusahaan perlu memiliki talenta yang memiliki kompetensi di bidang data, atau sering disebut data scientist. Data scientist sendiri diprediksi sebagai salah satu profesi di bidang IT akan terus bersinar karena semakin dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Bahkan, menurut “Future of Jobs Report 2020” yang dirilis World Economic Forum (WEF), data scientist menjadi salah satu dari sepuluh profesi paling bersinar di tahun 2025 mendatang. Hal ini tidak lepas dari semakin eratnya "kolaborasi" antara manusia dan mesin untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Lantas, apa itu data scientist?

Dilansir dari mastersindatascience.org, data scientist (atau ilmuwan data) adalah profesi yang pekerjaannya bertugas untuk mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis kumpulan data besar (big data), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. 

Nantinya, data yang sudah diolah dan diintepretasikan itu dapat dimanfaatkan perusahaan untuk membuat strategi maupun keputusan bisnis. Singkatnya, data scientist membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Pekerjaan seorang data scientist umumnya memahami data yang "berantakan" dan tidak terstruktur dari berbagai sumber data, mulai dari data perusahaan, umpan dari media sosial, data smart device (perangkat pintar), data mesin, dan berbagai data yang dimiliki perusahaan. 

Terkait dengan pendidikan, biasanya mereka yang berprofesi sebagai data scientist memiliki latar belakang pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, & Math).

Meski demikian, profesi ini terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin terjun ke dalamnya. Intinya, semua orang yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan bisa berkarir sebagai seoarang data scientist.

Keterampilan Menjadi Data Scientist

Untuk menjadi seorang data scientist, umumnya memerlukan keterampilan khusus. Nah, berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dimiliki untuk Anda yang ingin terjun ke profesi ini: