Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-hari

By Liana Threestayanti, Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Ilustrasi mendengarkan musik melalui Spotify.

Mungkin kita tak menyadari betapa banyak peran Artificial Intelligence (AI) dalam keseharian kita saat ini.

Saat berpikir tentang AI, mungkin yang muncul di benak kita adalah film-film bergenre sci-fi, seperti Star Wars, Terminator, atau I, Robot. Istilah machine learning bagi masyarakat awam dipandang sebagai hal yang futuristik, imajinatif, dan tidak nyata.

Padahal contoh penerapan AI saat ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan peranan AI atau kecerdasan buatan dalam kehidupan kita sudah dimulai sejak kita bangun tidur.

Inilah contoh penerapan AI dalam kehidupan kita:

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

1.Membuka ponsel

Salah satu hal pertama yang dilakukan banyak orang di pagi hari adalah membuka ponselnya. Ketika membuka smartphone dengan biometrik, seperti face ID, kita sedang memanfaatkan AI. 

Apple FaceID, misalnya, bekerja dengan menempatkan 30.000 titik inframerah yang tak terlihat pada wajah kita dan merekam image dari wajah kita. Kemudian Face ID akan menggunakan algoritme machine learning untuk membandingkan hasil pemindaian itu dengan data tentang wajah kita yang sudah disimpan sebelumnya.  Hasil perbandingan ini digunakan Face ID untuk mengizinkan ponsel untuk dibuka atau tidak. Apple mengklaim bahwa peluang seseorang bisa mengelabui Face ID adalah satu di antara satu juta. 

Baca juga: Enam Contoh Penerapan Artificial Intelligence di Industri Kimia

2.Media Sosial

Hal pertama yang kerap kita lakukan di ponsel adalah memeriksa update media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. 

Di sini AI bekerja mempersonalisasi feed pengguna medsos, memberikan friend suggestion, mengidentifikasi dan melakukan filtering terhadap berita bohong, dan mencegah cyberbullying.  

Baca juga: Contoh Penerapan Artificial Intelligence untuk Kurangi Emisi Karbon