Find Us On Social Media :

Luncurkan Ini, Qiscus Bantu Pebisnis Optimalkan Komunikasi dengan Pelanggan di Instagram

By Liana Threestayanti, Kamis, 18 November 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi Qiscus mengintegrasikan Instagram Messaging API di platformnya.

Penyedia platform Multi Channel Chat untuk bisnis, Qiscus, memperkenalkan Messenger API for Instagram

Kehadiran fitur ini dan integrasinya dengan Instagram diharapkan dapat membantu pelaku bisnis dalam memberikan layanan komunikasi yang lebih optimal kepada follower-nya di Instagram, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Instagram, Medsos dan Platform Interaksi Bisnis

Mengapa Instagram? Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler di dunia karena memiliki  sekitar satu miliar pengguna aktif per bulannya. Fakta lain menyebutkan, 70 persen shopping enthusiast menggunakan Instagram untuk mencari produk. Hal ini membuat Instagram sebagai salah satu platform social commerce terpopuler. 

Fitur Instagram Bisnis dan Instagram Shopping juga memungkinkan bisnis untuk mulai menggunakan Instagram sebagai platform untuk bertransaksi, sehingga meningkatkan jumlah bisnis yang menggunakan kanal Instagram untuk menyasar konsumen.

Data dari Hootsuite mengungkapkan, sekitar 200 juta pengguna Instagram setiap harinya mengunjungi setidaknya satu profil bisnis. Data tersebut juga mengungkapkan bahwa 81 persen orang menggunakan Instagram untuk melakukan riset terkait produk dan jasa. 

Indonesia sendiri berada di posisi ke-4 dari 10 negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar di dunia. Data Statista sampai dengan September 2021, jumlah pengguna Instagram di tanah air menyentuh angka 93 juta yang sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak di Asia Tenggara. 

Sebagai salah satu platform social commerce, Instagram merupakan media sosial dan juga platform interaksi antara bisnis dan pelanggan. Hal ini memungkinkan Instagram menjadi tempat bagi para bisnis untuk membangun brand awareness, melakukan pemasaran produk dan jasa, serta menjadi platform komunikasi dan transaksi antar bisnis dan pelanggan.

Instagram DM Reguler vs Messenger API for Instagram

Mengakomodir kebutuhan bisnis, Qiscus merilis Messenger API for Instagram yang memungkinkan pengguna Instagram Bisnis untuk mengintegrasikan Direct Message Instagram dengan platform lain.

Menurut keterangan Qiscus, Messenger API ini berbeda dengan Instagram Direct Message (DM) biasa. Messenger API for Instagram ini dikembangkan untuk bisnis yang memiliki keperluan untuk mengelola DM berskala besar, di mana beberapa agen Customer Service (CS) dibutuhkan untuk membalas pesan pelanggan. 

Untuk bisa menggunakan Messenger API for Instagram, pelaku bisnis harus memastikan akunnya merupakan akun Instagram Bisnis dan sudah tertaut dengan halaman Facebook.