Find Us On Social Media :

Kabupaten Jepara: Semangat Smart City di Kota Kartini

By Administrator, Rabu, 8 Desember 2021 | 16:30 WIB

Ilustrasi Industri Tenun di Kabupaten Jepara

“Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.”

Petikan tulisan itu lahir dari sebuah kamar kecil, ruang di mana penulisnya tengah dipingit. Sang empunya kata-kata itu, Raden Ajeng Kartini, menunjukkan bahwa saat ia dibatasi ruang geraknya, pikirannya tetap mampu mengembara dan membuahkan karya yang tak lekang zaman.

Kartini lahir dan besar di Jepara. Jejak-jejaknya masih banyak ditemukan di wilayah yang terletak di “punuk” Pulau Jawa ini. 

Salah satunya adalah ruang pingit Kartini, yang menjadi bagian dari rumah dinas bupati, dan kini difungsikan juga sebagai museum.

Ada pula museum Kartini di sebelah utara alun-alun Jepara yang memamerkan benda-benda peninggalan pahlawan emansipasi perempuan ini.

Namun, bukan itu saja yang dapat disambangi di Jepara. Kekayaan alam kabupaten seluas 1.004 km2 ini sangat lengkap, mulai dari pegunungan hingga laut.

Salah satu destinasi wisata bahari yang populer di dunia internasional, yaitu Kepulauan Karimunjawa, berada di wilayah Kabupaten Jepara.

Dengan kapal cepat, hanya dalam sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini, pasir putih serta panorama bawah laut yang memesona dapat dinikmati.

Soal potensi pariwisatanya, Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan, “Yang memiliki pulau terbanyak di Jawa Tengah itu ya Jepara. Dulu yang dikenal 27 pulau, sekarang ada tambahan 3 pulau lagi jadi 30 pulau.” 

Belum lagi wisata budaya khas yang dimiliki kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Kudus, Pati, dan Demak ini. Salah satunya adalah Lomban Syawalan yang digelar sepekan setelah Idul Fitri, yang digelar di tengah laut.

Di acara ini, kepala kerbau dilarung sebagai ungkapan syukur kepada Yang Maha Esa. Ada juga atraksi perang obor dari pelepah kelapa di Desa Tegal Sambi yang dilaksanakan pada Senin Pahing di bulan Dzulhijjah.

Angkat Industri Kerajinan dan Kuliner

Selain pariwisatanya, Kabupaten Jepara sejak lama dikenal dengan produk furniture dan ukiran kayunya, bahkan hingga ke luar negeri. Untuk industri furniture ukir sendiri, Jepara memiliki hampir 6.000 unit usaha dengan nilai investasi Rp2 triliun.