Find Us On Social Media :

Apa Itu Cyber Security? Apa Penyebab Cyber Security Tambah Penting?

By Cakrawala, Minggu, 23 Januari 2022 | 16:00 WIB

Ilustrasi cyber security.

Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, beberapa tahun terakhir istilah cyber security atau cybersecurity makin sering ditelusuri orang. Menurut Google Trends, penelusuran akan cyber security memiliki tren yang terus meningkat di dunia sejak tahun 2004. Meski beberapa bulan terakhir penulusuran tersebut menurun, secara keseluruhan trennya meningkat dan mencapai puncaknya pada September 2021. Meningkatnya penulusuran itu sedikit banyak menunjukkan bahwa cyber security saat ini bertambah penting dibandingkan sebelumnya.

Lalu apa sebenarnya definisi dari cyber security alias keamanan siber tersebut?

Menurut ISO (International Organization for Standardization), tepatnya ISO/IEC 27032; mengutip dari sejumlah sumber; cyber security atau cyberspace security adalah preservasi dari kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di cyberspace. Adapun cyberspace merujuk pada lingkungan yang kompleks yang merupakan hasil dari interaksi antara orang, peranti lunak, dan layanan-layanan internet melalui penggunaan aneka perangkat teknologi dan berbagai koneksi jaringan; lingkungan yang tidak memiliki wujud.

Sementara, Cisco mendefinisikan cyber security sebagai praktik melindungi berbagai sistem, jaringan, dan program dari serangan-serangan digital. Adapun menurut Kaspersky, cyber security adalah suatu praktik melindungi para komputer, server, perangkat mobile, sistem elektronik, jaringan, dan data dari serangan-serangan jahat.

Jadi, bisa dibilang cyber security adalah tindakan untuk melindungi informasi di dunia maya dari aneka serangan.

Lalu apa penyebab cyber security sekarang tambah penting?

Bertambah pentingnya cyber security karena kini penggunaan komputer serta penggunaan jaringan komputer makin banyak dalam kehidupan umat manusia sehari-hari; membuat tindakan untuk melindunginya, termasuk informasi di dalamnya, dari aneka serangan makin penting berhubung serangan yang berhasil akan mengganggu perihal kehidupan tersebut. Lagi pula sejalan dengan makin lazimnya penggunaan komputer dan jaringannya, jumlah cyber attack alias serangan siber pun meningkat.