Find Us On Social Media :

Sepuluh Rumus Excel Populer Ini Paling Sering Digunakan di Kantor

By Liana Threestayanti, Jumat, 11 Maret 2022 | 21:40 WIB

Ilustrasi Pengguna Microsoft Excel

Sepuluh fungsi pada software Excel ini akan membuat Anda lebih produktif di kantor. Apa saja?

Dirilis oleh Microsoft pada tahun 1985, tak dapat dimungkiri bahwa Excel telah menjadi salah satu program komputer terpenting di lingkungan kerja di mana saja. Oleh karena itu, memiliki pengetahuan yang kuat tentang Excel akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para karyawan di berbagai departemen.

Software spreadsheet seperti Excel ternyata tidak hanya digunakan oleh mereka yang bergelut di bidang keuangan dan akunting. Misalnya di perusahaan media, Excel dapat dimanfaatkan untuk membuat daftar tanggal dan topik ketika merencanakan editorial calendar untuk media online. Atau ketika merencanakan acara outing kantor, kita bisa gunakan Excel untuk melacak daftar RSVP dan biaya.

Nah, untuk Anda yang bisnis atau pekerjaannya berkaitan dengan data, menguasai Excel menjadi sebuah keharusan. Berikut adalah sepuluh rumus Excel populer yang wajib Anda kuasai.

1. Fungsi SUM

Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data atau angka yang terdapat pada beberapa sel atau range yang ditentukan. Fungsi ini termasuk salah satu rumus Excel yang paling banyak diketahui dan digunakan oleh setiap pengguna Microsoft Excel.

Sintaks dari fungsi SUM adalah 

=SUM(A2:A10) untuk menjumlahkan angka/nilai di sel A2:10.

=SUM(A2:A10,C2:C10) untuk menambahkan nilai di sel A2:10, serta sel C2:C10.

Fungsi SUM dapat digunakan untuk menghitung jumlah nilai pada referensi sel, referensi range, dan menjumlahkan nilai dari hasil fungsi atau rumus lain di Excel.

2. Fungsi IF

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi Excel yang paling  sederhana tapi populer. Rumus ini memungkinkan kita mengevaluasi dan menganalisis data dalam kondisi tertentu dengan membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.