Find Us On Social Media :

Ingin Keuangan Pribadi Lebih Terkendali? Coba Lima Aplikasi Ini

By Liana Threestayanti, Senin, 23 Mei 2022 | 21:03 WIB

Ilustrasi mengatur keuangan pribadi.

Kerja sudah bertahun-tahun tapi tak bisa membeli barang yang diinginkan, apalagi mempunyai tabungan? Setiap akhir bulan, keuangan pribadi selalu minus? Mungkin Anda membutuhkan aplikasi pengatur keuangan.

Lumrah dilakukan, aktivitas mengelola keuangan menjadi sangat penting dilakukan karena saat ini kita berada di era di mana layanan berbasis langganan banyak ditawarkan. Kita perlu mengatur dengan ketat setiap pos anggaran jika tak ingin keteteran di akhir. Mengatur keuangan juga bisa membantu kita mewujudkan impian masa depan.

Nah, untungnya, di era digital ini, mengatur keuangan menjadi lebih mudah karena kini tersedia aplikasi khusus untuk kebutuhan itu. Kita tidak perlu lagi membuat catatan pengeluaran dan pemasukkan, lalu menghitung saldo secara manual. Bahkan aplikasi pengatur keuangan personal ini dapat memberikan insight yang membantu kita mengatur keuangan dengan lebih baik.

Aplikasi pengatur keuangan biasanya ditawarkan dalam  dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Ada juga aplikasi berbayar yang memiliki versi gratis dengan lebih sedikit fitur. Kita bisa memulai dengan versi gratis terlebih dahulu dan meningkatkannya ke versi berbayar jika memang diperlukan. 

Apa saja sih fitur yang diharapkan pengguna ada pada aplikasi pengatur keuangan? 

Account aggregation atau agregator rekening

Aplikasi keuangan personal memungkinkan pengguna mengumpulkan rekening bank, kartu kredit, kartu debet, pinjaman dan sebagainya dalam satu aplikasi. Karena menyimpan informasi yang bersifat sensitif, aplikasi tentunya harus menyediakan perlindungan yang memastikan keamanan data.

Alert dan notifikasi 

Fitur ini akan memberikan alert kepada pengguna saat tiba waktunya pengguna harus melakukan pembayaran sehingga pengguna tidak terkena denda atau diputus layanannya. 

Kategorisasi pengeluaran

Kategorisasi pengeluaran akan membantu pengguna memahami dan mengorganisasi pengeluaran dengan lebih baik. Dengan fitur ini, pengguna dapat merencanakan anggaran dengan memasukkan pengeluaran ke kategori-kategori yang tersedia, seperti “makanan” atau “perjalanan”. 

Update real time