Find Us On Social Media :

Adjust: Analitik yang Efektif adalah Kunci Kesuksesan App Marketing

By Cakrawala, Selasa, 28 Juni 2022 | 17:00 WIB

Adjust menilai analitik yang efektif adalah kunci kesuksesan app marketing. Hal ini lebih mudah dicapai bila semua data berada di satu tempat dan gampang dipahami.

Penulis: April Tayson (Regional Vice President - INSEA, Adjust)

 

Jika kampanye app marketing alias pemasaran aplikasi Anda adalah mesin yang disetel dengan baik, maka data adalah bahan bakar yang membuatnya terus bergerak. Setiap pemasar harus mengetahui hal ini. Di dalam ekosistem app marketing di mana privasi data dan akuisisi pengguna lebih kompleks dari sebelumnya, menyusun strategi yang memanfaatkan data yang dimiliki sangat penting bagi kesuksesan. Dengan kata lain, analitik yang efektif adalah kunci kesuksesan app marketing.

Pada level yang sangat tinggi, menurut Invesp, bisnis yang menggunakan strategi berbasis data meningkatkan ROI lima sampai delapan kali lebih banyak daripada bisnis yang tidak menggunakannya. Jadi tidak mengherankan 87% pemasar berkata bahwa data adalah aset perusahaan mereka yang paling kurang dimanfaatkan — dan 40% merek berencana untuk meningkatkan anggaran pemasaran berbasis data mereka.

Namun, hal itu tidak selalu mudah. Kegesitan dan adaptabilitas sangat penting untuk kesuksesan, karena pemasar aplikasi ditugaskan untuk menganalisis data dari sumber yang makin banyak. Mengingat bahwa beberapa poin persentase dapat menentukan apakah kampanye berhasil atau gagal, kemampuan untuk bertindak cepat sangatlah penting.

Artinya, pada akhirnya kesuksesan datang dari kombinasi keterampilan pemasar dan kualitas perkakas yang mereka miliki. Dengan set data yang mengalir dari, misalnya, API, atribusi, instalasi AppTrackingTransparency (ATT) dengan persetujuan, dan postback SKAdNetwork, ada banyak sekali faktor yang perlu dinilai dan dianalisis.

Memiliki semua data ini di satu tempat adalah kunci untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan komponen penting untuk kesuksesan app marketing. Bagaimana pemasar dapat membandingkan dan membedakan dengan benar jika bolak-balik beralih antara dashboard, set peranti lunak, dan spreadsheet? Selain itu, tim harus didorong untuk fokus pada pertumbuhan dan strategi, tidak menghabiskan waktu berjam-jam untuk memeriksa apakah angkanya benar.

App Marketing Tidak Berakhir di Akuisisi

Secara bertahap, app marketing tidak hanya tentang akuisisi awal. Retensi dan menarik pengguna adalah kunci untuk memastikan uang akuisisi pengguna (UA — user acquisition) Anda tidak terbuang sia-sia untuk pengguna yang berhenti menggunakan aplikasi dengan cepat atau tidak membuktikan ROI.