Find Us On Social Media :

Windows 10 dan 11 Ada di 1,4 Miliar Perangkat, Begini Sejarah Windows

By Liana Threestayanti, Jumat, 15 Juli 2022 | 19:00 WIB

Windows masih menjadi sistem operasi terkemuka. Namun, tahukah Anda sejarah di balik kesuksesan Windows, hingga Windows 10 dan Windows 11?

Siapa yang tak kenal Windows? Sistem operasi besutan Microsoft ini masih menjadi sistem operasi terkemuka untuk komputer desktop. Namun, tahukah Anda sejarah di balik kesuksesan Windows, mulai dari Windows 1.0 hingga Windows 10 dan Windows 11?

Menurut data Microsoft, Windows 10 dan Windows 11 saat ini terpasang padai 1,4 miliar perangkat aktif di seluruh dunia. Angka tersebut memperlihatkan kenaikan sekitar 100 juta dari jumlah perangkat yang dipasangi sistem operasi Windows 10 pada bulan April 2021.

Dominasi Microsoft Windows sebagai sistem operasi desktop juga tercermin dalam penguasaan pangsa pasar global. Menurut Statista.com, pangsa pasar Windows, termasuk Windows 10 dan Windows 11, mencapai 73,72% sampai bulan Desember 2021. Sementara MacOS milik Apple berada di posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 15,33%. Di tempat ketiga ada Linux dengan pangsa pasar yang relatif kecil tapi stabil, yaitu 2.09%.

Sementara menurut catatan StatCounter, sampai dengan April 2022, pangsa pasar komputer desktop dan laptop berbasis Windows mencapai sekitar 75%.

Windows sempat “digoyang” oleh sistem operasi Android pada tahun 2014. Saat itu, pasar Windows tergerus besar-besaran bahkan jumlah perangkat Windows yang terjual tidak sampai 25% dari perangkat Android.

Selain itu nama Windows juga disematkan Microsoft pada sistem operasi server. Statista.com mencatat, pada tahun 2019, sistem operasi Windows Server digunakan oleh 72,1% server di seluruh dunia. Sedangkan Linux menduduki posisi kedua dengan persentase 13,6%.

Saingi Apple

Sejarah Windows dimulai pada tahun 1981 ketika Microsoft mulai mengerjakan sebuah program yang diberi nama kode "Interface Manager". Program ini diumumkan pada November 1983 (setelah Apple Lisa, tetapi sebelum Macintosh) dengan nama "Windows". Namun Windows 1.0 baru dirilis pada November 1985.

Dikembangkan untuk menyaingi sistem operasi Apple, Windows 1.0 dihadirkan Microsoft bukan sebagai sebuah paket sistem operasi yang lengkap. Namun program ini merupakan DOS Shell untuk DOS 6 yang memungkinkan penggunaan software MS-DOS dan program berbasis grafis yang dirancang untuk Windows. 

Versi awal Windows ini dikembangkan untuk menjawab minat pasar terhadap GUI yang sedang meningkat pesat saat itu. Selain itu Windows 1.0 juga dijadikan “senjata” oleh Microsoft untuk menyaingi sistem operasi Apple Macintosh yang sudah menerapkan GUI dan laris penjualannya. 

Oh ya, tahukah Anda mengapa Microsoft kala itu memilih kata “windows” untuk sistem operasi ini? Nama Windows ini diceritakan berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).

Sumber lain menyebutkan bahwa nama “Windows” dipilih pendiri Microsoft, Bill Gates, karena “jendela” atau window adalah kata yang paling tepat untuk menggambarkan “jendela” komputasi yang melandasi sistem operasi baru ini.