Find Us On Social Media :

AWS Laptops for Builders Bekali ABK dan PBK dengan Kecakapan Digital

By Liana Threestayanti, Jumat, 29 Juli 2022 | 17:00 WIB

AWS menggelar Laptops for Builders di Indonesia. Salah satu kegiatannya adalah memberikan pelatihan kepada para pelajar berkebutuhan khusus (ABK).

Penyedia layanan cloud computing Amazon Web Services (AWS) kembali menggelar program Laptops for Builders di Indonesia. Yang istimewa, salah satu kegiatannya di tahun ini adalah memberikan pelatihan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK).

Perluasan program Laptops for Builders dengan mengikutsertakan pelajar ABK dan pramuka berkebutuhan khusus (PBK) ini dimaksudkan AWS Indonesia untuk memastikan inklusivitas pendidkan teknologi dan pemerataan akses terhadap teknologi digital.

Selain Yayasan Sagasitas yang sudah terlibat di program ini sejak awal, AWS Indonesia juga menggandeng Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Gerakan Pramuka Kwartir Jawa Barat. Menurut Zainal Abidin, Ketua Yayasan Sagasitas, program diikuti anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki kondisi tunarungu, tunawicara, tunanetra, dan tunadaksa (cerebral palsy).

Selain di Jawa Barat, menurut Gunawan Susanto, Country Manager AWS Indonesia, program Laptops for Builders untuk siswa ABK dan pramuka berkebutuhan khusus ini juga diselenggarakan di Bali dan DKI Jakarta.

“Kami meyakini, para siswa penyandang disabilitas juga mampu dan patut mendapat kesempatan untuk memanfaatkan teknologi guna mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik,” ucap Gunawan Susanto, Country Manager, AWS Indonesia.

Menurutnya, berdasarkan studi AlphaBeta, Indonesia masih memiliki kesenjangan yang cukup tinggi dalam hal sumber daya manusia di bidang teknologi digital, terutama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai salah satu pemain ekonomi digital terbesar di kancah global.

Untuk mengatasi kesenjangan ini, menurut Gunawan, seluruh SDM harus dimobilisasi termasuk para siswa berkebutuhan khusus. 

Munculkan Berbagai Ide Kreatif

Dalam program Laptops for Builders ini, selain memperoleh pelatihan mengenai desain dan pengembangan konten web, serta dasar-dasar cloud computing, 150 siswa yang ikut serta  juga diajak memacu keterampilan yang sudah didapat melalui kompetisi AWS Cloud Computing Club Competition (C4). 

Kompetisi tersebut memunculkan berbagai ide kreatif pengembangan website oleh para siswa berkebutuhan khusus, misalnya membuat website dengan akses langsung ke platform penjualan online, portal berita alumni, website rekomendasi buku, dan sebagainya. Hal ini memperlihatkan bahwa siswa berkebutuhan khusus memiliki kemampuan yang sama dengan para pelajar pada umumnya, khususnya dalam hal teknologi. 

Wakabina Muda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat, Taufik Hidayat menyambut positif program Laptops for Builders dan kompetisi AWS C4 yang menyasar anak-anak pramuka berkebutuhan khusus (PBK) di Jawa Barat.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi adik-adik pramuka berkebutuhan khusus dan kami merasa bangga. Kami mengapresiasi Sagasitas dan AWS Indonesia yang memenuhi permintaan kami agar diberikan pelatihan kecakapan digital bagi adik-adik berkebutuhan khusus. Kami berharap ke depannya program ini juga bisa diperluas dan dilakukan bersama dengan Jambore Nasional,” ujarnya dalam kesempatan awarding ceremony kompetisi AWS C4 di Bandung, Jawa Barat, kemarin (28/7).