Find Us On Social Media :

Strategi Bisnis Zoom Kalahkan Google Meet dan Microsoft Office

By Rizal, Kamis, 15 September 2022 | 13:30 WIB

Cara membuat polling di Zoom Meeting

Saat ini Zoom menjadi aplikasi konferensi video paling populer di masyarakat selama masa pandemi. Zoom menawarkan banyak fitur dan pengoperasian yang mudah sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Zoom sedang menyiapkan rencana besar seperti aplikasi email hingga kalender pads akhir tahun ini. Terobosan itu akan mengubah Zoom dari yang awalnya hanya aplikasi video conference, menjadi aplikasi produktivitas, bahkan dapat menyaingi Google Workspace hingga Microsoft Office.

Kehadiran aplikasi kalender dan email juga akan membuat aplikasi Zoom terintegrasi lebih dalam dengan perusahaan yang berlangganan.

Pertumbuhan Zoom cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir sehingga membuat para kompetitornya Google dan Microsoft ketar ketir. Bahkan, Google menghadirkan tombol Meet yang langsung terhubung dengan aplikasi Kalender Google.

Jika Zoom beralih ke aplikasi alat bantu kerja dengan hadirnya fitur email dan kalender, maka Zoom juga akan menjadi pesaing Microsoft Office dan Google Workspace. Hal itu pun dinilai sulit karena Google perlu waktu bertahun-tahun untuk menyaingi Microsoft lewat produk populer seperti Gmail hingga Google Docs.

Cara Membuat Webinar

Saat ini perusahaan, instansi, dan organisasi kerap menggelar zoom webinar atau seminar yang dilakukan secara daring. Aplikasi Zoom sendiri makin populer sejak pandemi di awal tahun 2020 lalu.

Zoom Webinar adalah salah satu fitur yang dimiliki Zoom yang digunakan untuk menyelenggarakan berbagai seminar maupun kelas online melalui platform video konferensi itu.

Saat ini Zoom Webinar memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan webinar dengan jumlah 500 hingga lebih dari 10.000 peserta.

Sebagai pembawa acara atau panelis, Anda dapat membagikan layar, video, dan audio selama webinar.

Sedangkan, peserta hanya diberikan opsi obrolan (chat) dan fitur tanya jawab untuk berinteraksi dengan panelis.

Bagaimana cara membuat Zoom Webinar: