Find Us On Social Media :

Intel Innovation 2022: Intel Bantu Pengembang Atasi Tantangan

By Cakrawala, Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:00 WIB

Merupakan Intel Innovation yang kedua, pada Intel Innovation 2022 yang berlangsung secara hibrida dari 27 sampai 28 September 2022 lalu, Intel kembali mengedepankan pengembang. Pada acara tahunan itu, Intel menyampaikan berbagai tawaran terkini yang bisa membantu pengembang mengatasi tantangan.

Dilakukan secara hibrida dari San Jose, Amerika serikat dari 27 September 2022 sampai 28 September 2022 lalu, Intel baru saja selesai menghelat Intel Innovation. Seperti Intel Innovation 2021 yang menegaskan komitmen Intel akan pendekatan yang mengedepankan pengembang, Intel Innovation 2022 yang merupakan edisi kedua Intel Innovation pun menegaskan hal yang serupa. Begitu pula dengan berbagai tawaran terkini Intel, baik yang sudah tersedia saat disampaikan maupun yang akan tersedia, yang bisa membantu para pengembang mengatasi tantangan yang dihadapinya. Intel mengedepankan aneka tawaran terkini pada Intel Innovation 2022 yang diklaimnya bisa membantu para pengembang berinovasi dan pada akhirnya membantu memajukan dunia yang makin digital ini.

“Anda tahu, kita sedang berada pada suatu era baru yang mungkin belum sepenuhnya pascapandemi, tetapi kita sudah mulai melihat jalan kita ke sisi satunya lagi. Dan melalui periode ini, kita telah melihat makin meningkatknya peran kritis yang teknologi jalankan pada berbagai aspek dari keberadaan manusia. Semuanya menuju/menjadi digital; bagaimana kita bekerja, bagaimana kita belajar, bagaimana kita beristirahat, bagaimana kita merawat satu sama lain, bagaimana kita memuji Tuhan, bagaimana kita hidup bersama di masyarakat dan juga komunitas. Pada era digital ini, kita terus menyaksikan sihir dari teknologi, kemampuan kita untuk mendorong maju dengan inovasi, penemuan, dan pertumbuhan,” kata Pat Gelsinger (Chief Executive Officer, Intel).

“Anda semua di sini pada Innovation karena Anda memiliki gairah yang serupa dengan saya, Anda tahu gairah bersama untuk terus berinovasi, untuk terus menggunakan teknologi sebagai suatu kekuatan untuk kebaikan, untuk melayani para technologist di garis depan, dan untuk menggunakan teknologi mengatasi berbagai masalah [tantangan] terbesar saat ini,” sebut Pat Gelsinger lagi.

Intel pun menyinggung perihal superpower. Seperti pada Intel Innovation 2021 yang bisa dilihat di sini, terdapat empat teknologi superpower; yakni ubiquitous compute, cloud-to-edge infrastructure, pervasive connectivity, dan artificial intelligence. Pada gelaran terbaru, Intel Innovation 2022, Intel menambah satu superpower lagi, yaitu sensing. Intel berdalih aneka hal yang dikomputasi dan dihubungkan saat ini makin banyak yang bisa mengindra. Intel mencontohkan alat-alat digital yang bisa mengindra lokasi, suara, cahaya dan lainnya yang misalnya bisa meningkatkan pengindraan manusia.

Tak hanya itu, Intel juga menegaskan komitmennya akan ekosistem teknologi yang berbasiskan tiga hal: open, choice, trust. Intel memastikan pula sejumlah inovasi terkini dan ke depannya sejalan dengan itu. Salah satu yang disorot adalah open alias terbuka sehubungan chiplet. Disebut dengan UCIe (Universal Chiplet Interconnect Express), Intel bersama sejumlah perusahaan lain mengembangkan dan mempromosikan spesifikasi terbuka untuk interkoneksi antara chiplet ini. Dengan ekosistem UCIe, para perusahaan bisa menggabungkan aneka chiplet dari berbagai produsen chiplet untuk membentuk suatu paket contohnya suatu SiP (system in a package) dengan lebih mudah. Chiplet CPU dari Intel dan chiplet GPU dari TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) misalnya akan bisa digabung dengan lebih mudah berkat UCIe ke dalam “prosesor” yang akan dipakai oleh suatu vendor server yang memesannya.

Pat Gelsinger (Chief Executive Officer, Intel) ketika memperkenalkan Intel Geti saat menyampaikan keynote-nya pada Intel Innovation 2022 yang berlangsung secara hibrida dari San Jose, Amerika serikat pada akhir bulan lalu.

Adapun berbagai tawaran baru yang dikedepankan Intel pada Intel Innovation 2022 untuk membantu pengembang antara lain Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan codename Intel Sapphire Rapids, Intel Developer Cloud, Intel Geti, dan Intel Unison. Intel Core Generasi ke-13 yang menawarkan kinerja lebih tinggi contohnya bisa membantu pengembang dalam melakukan debugging saat mengembangkan aplikasi untuk pengguna akhir seperti gim jaringan, Intel Xeon Scalable Generasi ke-4 dengan mesin akeselerasi barunya misalnya bisa mengakselerasi beban kerja AI (artificial intelligence), Intel Developer Cloud memberikan akses kepada pengembang produk-produk terbaru Intel sebelum produk-produk itu tersedia secara fisik untuk mereka, Intel Geti memudahkan pembuatan model computer vision, dan Intel Unison memudahkan PC terhubung ke perangkat lain secara seamless.

Selain itu, pada Intel Innovation 2022, Intel juga menghadirkan inovasi yang masih bersifat riset dalam artian belum untuk komersial. Setidaknya ada dua yang dikedepankan, yaitu Intel Quantum SDK (software development kit) dan Intel Loihi 2. Intel Quantum SDK yang merupakan versi beta membolehkan pengembang untuk belajar memprogram algoritma kuantum menggunakan qubit (quantum bit) yang disimulasikan. Sementara, Intel Loihi 2 merupakan generasi berikutnya dari cip neuromorphic Intel. Neuromorphic sendiri merujuk pada sistem elektronik yang meniru sistem saraf. Dengan kata lain, komputasi neuromorphic bisa dibilang komputasi yang meniru sistem saraf otak.

Intel Core Generasi ke-13

Setelah meluncurkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake pada Intel Innovation 2021, Intel meluncurkan generasi berikutnya, Intel Core Generasi ke-13 dengan codename Intel Raptor Lake pada Intel Innovation 2022. Mengusung nama resmi Intel Core Generasi ke-13, varian yang diluncurkan adalah yang untuk desktop. Sementara, varian yang untuk mobile seperti laptop dan 2 in 1, akan menyusul. Intel Core Generasi ke-13 diklaim menawarkan kinerja yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan Intel Core Generasi ke-12. Hal tersebut berkat sejumlah peningkatan pada Intel Core Generasi ke-13 yang akan mulai tersedia di pasar dunia pada bulan Oktober tahun ini.