Find Us On Social Media :

Empat Alasan untuk Mengunduh Telegram, Nomor Empat Paling Disukai

By Liana Threestayanti, Selasa, 1 November 2022 | 18:30 WIB

Telegram membeberkan empat alasan bagi para pengguna untuk mulai menggunakan aplikasi messaging instan miliknya.

Telegram membeberkan empat alasan bagi para pengguna untuk mulai menggunakan aplikasi messaging miliknya.

Beberapa waktu lalu, jagat maya sontak gempar saat ada aplikasi instant messaging (perpesanan instan) yang mengalami gangguan mati total atau shutdown seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Pengguna pun kelimpungan karena komunikasi personal maupun bisnis sangat bergantung pada ketersediaan layanan tersebut.

Matinya layanan bisa karena banyak hal, seperti pemadaman server, ukuran aplikasi yang besar, proses sinkronisasi antarperangkat yang lambat dan sebagainya. Dan hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan di sisi pengguna. Pasalnya, pengguna mengandalkan layanan pengiriman pesan tidak hanya untuk keperluan pribadi tapi juga studi dan pekerjaan mereka. 

Untuk mengantisipasi dan mencegah timbulnya masalah serupa, Telegram berkomitmen untuk memastikan pengalaman pengiriman pesan yang konsisten bagi penggunanya. Telegram mengeklaim keandalan aplikasi perpesanan instan miliknya telah terbukti, salah satunya adalah ketika aplikasi messaging lain mengalami down untuk waktu yang lama, sebanyak 70 juta pengguna beralih ke Telegram hanya dalam satu hari. 

Telegram kemudian menyampaikan empat alasan mengapa pengguna aplikasi messaging perlu mengunduh Telegram.

1. Aplikasi ringan

Telegram menyebut bahwa ukuran aplikasinya lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat lainnya. Sebagai perbandingan, update terbaru Telegram yang dirilis pada 21 September 2022 berukuran 25,36 MB di Google Play Store. Ukuran yang relatif kecil tidak akan memakan ruang simpan di perangkat. 

Ukuran yang relatif kecil ini pun tidak akan membuat perangkat menjadi lamban dan akan mengurangi kemungkinan aplikasi tersebut mati dengan sendirinya.

2. Kapasitas penyimpanan tak terbatas

Melalui fitur penyimpanan cloud Telegram, pengguna bisa menyimpan dan mengakses semua jenis data seperti pesan, gambar, video, dan berbagai file lainnya hingga ukuran maksimal 2 GB dengan mudah dan kapasitas tidak terbatas. 

Pengguna Telegram Premium bahkan dapat mengunggah file dengan ukuran hingga 4 GB. Tak hanya itu, fitur Saved Messages juga dapat dijadikan penyimpanan cloud pribadi. Telegram mengatakan, pengguna tidak perlu khawatir ruang simpan ponsel menipis karena Telegram berbasis cloud dan menyediakan opsi manajemen cache.

3. Ketersediaan di lebih banyak perangkat dan sistem operasi