Find Us On Social Media :

Thales Dukung Modernisasi Sistem Pertahanan & Transformasi Digital RI

By Liana Threestayanti, Senin, 7 November 2022 | 14:00 WIB

Thales berkomitmen untuk terus mendukung Indonesia di sektor pertahanan, industri nasional, dan mendorong sektor sipil. (Foto: Pascale Sourisse, Senior Executive Vice-President, International Development Thales International)

Telah hadir lebih dari 40 tahun di Indonesia, Thales berkomitmen untuk terus mendukung industri pertahanan, berinvestasi untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas industri nasional, dan mendorong sektor sipil di Indonesia.

Dalam media briefing beberapa waktu lalu, Senior Executive Vice-President, International Development Thales International, Pascale Sourisse mengungkapkan kesiapan Thales mendukung sektor pertahanan Indonesia melalui modernisasi dan digitalisasi sistem pertahanan.

Hal itu dituangkan dalam sejumlah perjanjian kesepakatan dengan beberapa BUMN di sektor pertahanan, maupun dengan DEFEND ID, perusahaan holding industri pertahanan Indonesia yang dipimpin oleh PT Len.

Modernisasi Sistem Pertahanan

Di acara Indo Defence 2022, Thales menandatangani kontrak dengan PT Len untuk memperbarui sistem misi terintegrasi pada empat kapal perang sigma class. Kapal-kapal yang beroperasi sejak awal tahun 2000-an itu akan diperbarui dengan integrated mission system termasuk TACTICOS Combat Management System, serta teknologi radar terbaru yang berbasis software.

Pascale Sourisse mengatakan, Thales menggunakan kapabilitas terbaiknya untuk membantu memperpanjang daur hidup armada Angkatan Laut dan menjamin kapal-kapal tersebut tetap terlengkapi untuk kinerja yang optimal. 

Program modernisasi akan berlanjut selama lima tahun mendatang dengan post-sales support yang disediakan oleh tim-tim terlatih dari Pusat Layanan Angkatan Laut Thales di Surabaya. Peningkatan terbaru tersebut akan mengikuti program serupa yang telah dijalankan untuk KRI Usman-Harun sebagai kapal fregat ringan multi peran atau multi-role light frigate (MRLF) pada 2020.

Selain itu, secara terpisah Thales juga menandatangani MoU dengan PT PAL dalam rangka kolaborasi dalam bidang integrated mission system, associated sensors & sub systems untuk kebutuhan pasar ekspor Indonesia.

Bangun Kapabilitas & Kompetensi Lokal

Sementara itu, pada Memorandum-of-Agreement (MoA) terpisah, PT Len dan Thales mengumumkan niat mereka untuk mendirikan perusahaan joint venture (JV) yang akan dimulai dengan mengerjakan aktivitas maintenance, repair, and overhaul (MRO) lokal untuk radar-radar yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Indonesia.

Dalam MoU terpisah, Thales juga bekerja sama dengan PT Len untuk mendirikan joint venture. Menurut Pascale, hal ini merupakan dukungan dan investasi Thales di Indonesia dalam rangka mengembangkan kapabilitas dan kompetensi industri nasional, sejalan dengan kebijakan “Made in Indonesia.”

“Ini berarti kami berinvestasi dalam membangun posisi kami di tingkat lokal, menyediakan alih teknologi, pelatihan, dan bekerja secara dekat dengan mitra-mitra lokal, baik BUMN maupun perusahaan swasta,” ujar Pascale mengenai joint venture yang akan fokus di bidang radar, command & control system, satelit militer, dan combat management systems.