Find Us On Social Media :

Sambut Era Baru Bisnis Digital, IBM & IDC Ungkap 5 Tren Teknologi 2023

By Liana Threestayanti, Rabu, 7 Desember 2022 | 18:30 WIB

Berbagai kawasan di dunia memasuki era baru digital. IBM dan IDC menyoroti prediksi dan tren teknologi yang perlu diperhatikan di tahun 2023.

Setelah percepatan digitalisasi selama tiga tahun, berbagai kawasan di dunia, termasuk Asia Pasifik, memasuki era baru digital. Apa saja prediksi dan tren teknologi yang perlu diperhatikan di tahun 2023?

"Di era digital baru, kita melihat pergeseran dari transformasi digital ke bisnis digital yang didorong oleh Covid-19," ujar Sandra Ng, Group Vice-President & General Manager, IDC Asia-Pacific.

Lebih lanjut, menurut Sandra, bisnis digital mampu melakukan scaling secara real time dan menghadirkan nilai baru yang memberikan dampak dalam berbagai aspek, termasuk keberlanjutan (sustainability) dan tujuan ESG (environment, social, dan governance).

Berbicara dalam diskusi panel tentang tren teknologi 2023 di ASEAN, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan yang diselenggarakan IBM, Sandra Ng juga mengemukakan beberapa prediksi setelah berbagai perusahaan memasuki era bisnis digital.

Pada tahun 2026, ujarnya, 40% dari total pendapatan dari 2000 organisasi yang berbasis di Asia akan diperoleh dari produk, layanan, dan pengalaman digital. Dan pada tahun 2027, 80% organisasi akan dapat secara akurat mengukur nilai kapabilitas/aset digital, seperti data, algoritme, dan kode software. Kemampuan ini, menurut Sandra, akan secara signifikan meningkatkan valuasi pasar dari perusahaan.

Dalam blog-nya, IDC menyampaikan, transisi ke metrik-metrik pengukuran nilai bisnis ini merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan saat mereka menjalankan bisnis digital. 

Sementara dari sisi pengeluaran untuk teknologi digital, Sandra melihat adanya pertumbuhan yang 3,5 kali lebih cepat daripada pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 karena perusahaan akan membangun landasan untuk keunggulan operasional, diferensiasi kompetitif, dan pertumbuhan jangka panjang.

Menghadapi tantangan di tahun 2023, para panelis dalam diskusi panel ini menyebutkan lima tren yang harus diperhatikan oleh para pemimpin bisnis.

1. Peran penting otomatisasi 

Paul Burton, General Manager IBM Asia Pacific menekankan peran penting otomatisasi karena otomatisasi dapat membantu perusahaan memeriksa alur proses (bisnis) di semua fungsi. Ia juga mengatakan, otomatisasi menjadi makin penting bagi bisnis karena masalah kelangkaan tenaga kerja, terutama tenaga kerja yang memiliki kualifikasi untuk mendorong transformasi digital. Ke depannya, menurut Paul, para CIO akan banyak berinvestasi di otomatisasi ini. 

2. Data dan integrasi

​​Menurut  catatan IDC, AI, analytics, dan big data di Asia Pasifik  tumbuh sebesar 20% dari tahun ke tahun. Dan menurut Paul, satu-satunya cara agar organisasi dapat mengimbangi kecepatan pertumbuhan data yang sangat besar adalah dengan AI.