Find Us On Social Media :

Google Bagikan 8 Kiat Kerja Hybrid yang Lebih Produktif di 2023

By Liana Threestayanti, Kamis, 12 Januari 2023 | 10:30 WIB

Ilustrasi hybrid working

Memasuki era pascapandemi, khususnya tahun ini, hybrid working mulai menjadi cara kerja yang umum diterapkan perusahaan. Survei McKinsey yang melibatkan 100 eksekutif dari berbagai negara mengungkapkan, 9 dari 10 organisasi akan memadukan kerja di kantor dan jarak jauh.  

Namun transisi ke cara kerja hybrid ini boleh dibilang cukup memakan waktu dan bukan proses yang mudah. 

Guna meningkatkan efektivitas dalam proses transisi ini, Google membagikan delapan tips memaksimalkan fitur Google agar pengguna Workspace bisa lebih produktif dalam bekerja secara hybrid.

1. Mengelola (manajemen) waktu

Untuk mengatur pembagian waktu kerja, Google menyarankan penggunaan fitur kategorisasi berdasarkan warna pada Google Calendar. Dengan memberikan warna (color code) pada setiap kegiatan, kita bisa lebih menyeimbangkan penggunaan waktu dalam mengerjakan tiap aktivitas untuk mencapai tujuan kita.

2. Mengatur informasi waktu dan lokasi kerja

Untuk membantu rekan kerja ita menjadwalkan waktu untuk rapat tatap muka jika diperlukan, kita dapat menambahkan informasi lokasi tempat kita bekerja pada Google Calendar.

3. Meluangkan waktu untuk diskusi

Gunakan fitur “Slot janji temu” (appointment slots) di Google Calendar untuk menyediakan waktu berdiskusi dengan rekan kerja. Fitur ini mirip seperti fitur pemberitahuan ‘Out of Office’ (berada di luar kantor), di mana kita juga bisa menambahkan jadwal luang untuk rapat. 

Versi Web dari Google Calendar juga bisa kita bagikan untuk memudahkan pihak eksternal menjadwalkan waktu temu, melalui halaman pemesanan tanpa perlu bolak-balik mengirimkan email persetujuan.

4. Cek to-do list dengan jelas

Aktifkan fitur Tugas (Task) di Google Calendar sehingga kita tetap dapat melihat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Kita dapat melacak tugas yang sudah melewati batas waktu dan dapat menjadwal ulang deadline tugas jika belum diselesaikan. Fitur ini membantu kita mengetahui tanggung jawab dan menyelesaikan tugas setiap hari dengan cermat.