Find Us On Social Media :

Gartner: Pemimpin Data & Analitik yang Efektif Prioritaskan 3 Hal Ini

By Liana Threestayanti, Senin, 23 Januari 2023 | 11:40 WIB

Ilustrasi data analytics.

Gartner baru-baru ini membeberkan tiga hal yang sebaiknya menjadi prioritas para pemimpin di bidang data dan analitik masa kini agar mereka dapat berperan dengan lebih efektif. 

“Para Chief Data & Analytics Officer (CDAO) makin berpengaruh karena peran mereka dibutuhkan organisasi dalam mentransformasi data menjadi nilai bisnis,” ujar Carlie Idoine, VP Analyst, Gartner. 

Menurutnya, CDAO harus memberikan hasil bisnis yang nyata bagi organisasi dan pemangku kepentingan, tetapi mereka kesulitan untuk menunjukkan nilai. “Pemimpin perlu membuktikan bagaimana data dan analitik dapat meningkatkan proses bisnis, menghasilkan keputusan yang lebih baik, dan mendukung transformasi digital,” imbuh Idoine. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, para CDAO harus menunjukkan sifat dan perilaku yang tepat agar efektif dalam menjalankan perannya. Gartner mengidentifikasi empat area utama yang dapat mempengaruhi tingkat efektivitas seorang pemimpin di bidang data dan analitik.

1. Leadership/kepemimpinan

Menciptakan dan mempertahankan fungsi data & analitik yang kuat dengan menunjukkan perilaku kepemimpinan kritis, seperti membangun hubungan, mempengaruhi, berkomunikasi, dan membangun tim yang antusias dan memiliki keterlibatan tinggi.

2. Skills & culture/keterampilan dan budaya

Menjadikan keputusan berdasarkan informasi data sebagai kebiasaan di seluruh bagian perusahaan, sesuatu yang otomatis dilakukan oleh business user sebagai bagian dari alur kerja mereka. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan literasi data dan mempermudah business user dalam mengintegrasikan data dan analitik ke dalam alur kerja mereka.

3. Operational excellence/keunggulan operasional

Meningkatkan efisiensi dan kualitas proses bisnis melalui penggunaan platform dan tool yang memungkinkan eksekusi yang lebih konsisten dan berkualitas lebih tinggi.

4. Business outcome/hasil bisnis 

Menghasilkan nilai bisnis dan mendukung transformasi dengan memasukkan data dan analitik ke seluruh organisasi.