Find Us On Social Media :

Google Cloud Kenalkan Inovasi AI Baru untuk Peritel, Ini Keunggulannya

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 Maret 2023 | 15:15 WIB

Ilustrasi Google Cloud

Google Cloud memperkenalkan empat inovasi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan baru yang dapat membantu para peritel mentransformasi proses pemeriksaan etalase di toko mereka.

Inovasi ini juga dapat menyempurnakan situs e-commerce mereka dengan pengalaman belanja online yang lancar dan alami bagi konsumen.

Google Cloud juga telah mengumumkan inisiatif baru dengan Accenture untuk membantu peritel memodernisasi bisnis mereka dan memanfaatkan teknologi cloud, termasuk integrasi mendalam dengan platform ai.RETAIL oleh Accenture yang diadopsi secara luas.

“Disrupsi selama beberapa tahun terakhir telah mengubah lanskap ritel. Kini, peritel mencari cara baru untuk menjadi lebih efisien, lebih menarik minat pembeli, dan tidak terlalu terpengaruh oleh tantangan di masa depan,” kata Megawaty Khie, Country Director, Indonesia and Malaysia, Google Cloud.

“Pemimpin masa depan adalah mereka yang menangani tantangan di dalam toko dan platform online yang paling mendesak saat ini dengan alat AI terbaru. Pekerjaan kami dengan Accenture juga akan membantu peritel lokal dengan cepat mengadopsi solusi terintegrasi yang memperkuat manfaat sesungguhnya dari AI, sehingga mereka dapat memahami lintas batas fungsional bisnis mereka secara holistik dan terus mengoptimalkan penawaran dan operasional mereka untuk berkembang di lingkungan ritel yang kompleks," lanjutnya.

1. AI pengecekan etalase baru membantu peritel meningkatkan ketersediaan produk

Ketika pembeli mengunjungi toko kompetitor karena mereka tidak dapat menemukan produk yang mereka cari di toko kita—menyebabkan hilangnya penjualan dan loyalitas jangka panjang—menunjukkan bahwa masalah rendahnya atau tidak adanya persediaan di etalase toko selalu menjadi prioritas.

Peritel telah mencoba berbagai teknologi pemeriksaan etalase selama bertahun-tahun, namun keefektifannya masih terbatas oleh sumber daya yang diperlukan untuk membuat model AI yang andal untuk mendeteksi dan membedakan produk – mulai dari rasa selai dan jeli yang berbeda hingga jenis sikat gigi yang berbeda.

Kini tersedia dalam pratinjau secara global, solusi pemeriksaan etalase baru yang didukung AI dari Google Cloud dapat membantu retailer meningkatkan ketersediaan produk di etalase, memberikan visibilitas yang lebih baik tentang tampilan etalase yang sebenarnya, dan membantu mereka memahami bagian mana yang membutuhkan penyetokan ulang.

Dikembangkan dalam Vertex AI Vision Google Cloud dan didukung oleh dua model machine learning (ML)—pengenal produk dan pengenal tag—AI pemeriksa etalase memungkinkan peritel mengidentifikasi produk dari semua jenis, dalam skala besar.

Pemeriksaan dapat dilakukan hanya berdasarkan fitur visual dan teks dari sebuah produk, lalu menerjemahkan data tersebut menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti.

Peritel tidak lagi harus menghabiskan waktu, tenaga, dan investasi untuk pengumpulan data dan melatih model AI mereka sendiri.

Memanfaatkan miliaran entitas unik database Google, AI pengecekan etalase Google Cloud dapat mengidentifikasi produk dari berbagai jenis gambar yang diambil dari berbagai sudut dan sudut pandang.