Find Us On Social Media :

Hilangkan Bosan, Mainkan Lima Game Sederhana Ini dengan ChatGPT

By Liana Threestayanti, Senin, 17 April 2023 | 14:00 WIB

ChatGPT adalah alat serbabisa untuk berbagai keperluan. Namun tahukah Anda kalau ChatGPT juga bisa diajak melakukan permainan atau game?

ChatGPT adalah alat serbabisa untuk berbagai keperluan, mulai dari memberikan penjelasan sampai mengidentifikasi bug pada kode program. Namun tahukah Anda kalau ChatGPT juga bisa diajak melakukan permainan atau game?

Chatbot ini dikembangkan OpenAI bukan untuk bermain game, tapi ada beberapa permainan yang bisa Anda coba untuk sekadar bersenang-senang.

1. Tic-Tac-Toe

Untuk memulai, tulis prompt/instruksi, misalnya “ayo main tic tac toe.” ChatGPT akan membuat semacam grid dan menanyakan siapa yang akan memulai permainan. Sebagai informasi, ketika kami coba beberapa kali, siapa saja yang memulai, pengguna akan selalu mendapat simbol “O”. Selanjutnya, instruksikan ChatGPT untuk meletakkan simbol “O” di tempat yang Anda inginkan. Misalnya, “letakkan O di baris ke-3 paling kanan.” 

2. Tebak-tebakan “Siapa Saya”

Permainan kedua yang bisa Anda coba adalah permainan atau game klasik tebak-tebakan “siapa saya.” Dalam percobaan kami, ChatGPT mengenal permainan ini sebagai game “Who Am I.”

Pertama, tentukan siapa karakter yang Anda ingin ChatGPT menebaknya. Kemudian, mulai permainan ini dengan menuliskan prompt seperti ini, “kamu punya kesempatan mengajukan 10 pertanyaan untuk menebak siapa saya, tapi hanya boleh pertanyaan ya atau tidak.” 

ChatGPT akan mulai mengajukan sejumlah pertanyaan dan Anda harus menjawabnya dengan “ya” atau “tidak”. 

Namun dalam percobaan kami, ChatGPT terkadang mengajukan pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan dua jawaban pendek tersebut. Setelah diingatkan, ChatGPT akan memformulasi ulang pertanyaannya. 

Ketika Anda ingin ChatGPT yang memikirkan orang atau karakter yang akan ditebak, pastikan Anda menuliskan prompt dengan benar.

3. Kuis

Dengan kecerdasan yang dimiliki ChatGPT, kuis tentu permainan selanjutnya yang bisa Anda coba. Siapkan topik yang ingin Anda mainkan beserta detailnya, misalnya pengetahuan umum tentang Indonesia. Anda juga bisa memintanya membuat soal kuis yang spesifik, misalnya “buatkan 10 pertanyaan tentang hewan untuk anak usia sekolah dasar.”