Find Us On Social Media :

Pentingnya Content Pillar dalam Strategi Social Media Marketing

By Rafki Fachrizal, Jumat, 28 April 2023 | 14:45 WIB

Ilustrasi Social Media

Social media marketing kini semakin banyak diadopsi perusahaan lantaran tren digital di tengah masyarakat yang terus bergerak amat cepat.

Dalam melakukan social media marketing, kualitas konten tentunya menjadi kekuatan utama sehingga nantinya menarik minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang perusahaan tawarkan dalam kontennya.

Membuat konten yang berkualitas untuk social media perusahaan juga bukan perkara mudah. Tantangan yang seringkali ditemui oleh divisi yang bertanggung jawab akan hal ini seperti kehabisan ide atau bingung ingin membuat konten baru yang seperti apa.

Hal ini umumnya terjadi karena rencana pembuatan konten yang tidak tersusun dengan baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan sebenarnya bisa menyiapkan content pillar dalam strategi social media marketing-nya.

Apalagi, content pillar sendiri juga dianggap penting karena menjadi pondasi dalam membuat konten di media sosial milik perusahaan.

Dilansir dari Hello Social, content pillar adalah tema atau topik utama yang menjadi dasar untuk keseluruhan strategi pembuatan konten di media sosial perusahaan atau brand (merek).

Content pillar sendiri harus mewakili tema atau topik yang relevan untuk target audiens di media sosial perusahaan.

Performance Creative Division Head of Boleh Dicoba Digital, Prabu Rahwandy, mengatakan “Content Pillar sebenarnya pondasi dari sebuah strategi konten media sosial baik brand (merek) maupun perusahaan. Jadi secara konsep, nantinya content pillar ini yang akan menjadi landasan untuk memilah-milah atau mengkurasi konten yang sesuai keinginan kita atau yang punya konsepnya.

Untuk yang paling dasarnya, Prabu mengungkapkan bahwa content pillar terbagi dalam empat jenis yaitu Entertainment, Promotional, Education, dan Convince.

“Masing-masing jenis ini (content pillar) punya deskripsi masing masing,” ujar Prabu dalam acara NgabuburIT yang diselenggarakan InfoKomputer bekerja sama dengan G2Academy.

1. Entertainment

Konten dengan jenis Entertainment dibuat untuk menghibur audiens. “Nah untuk Entertainment, content pillar-nya bisa ambil topik apa saja sih? Biasanya kalau Entertainment itu karena sifatnya ‘snackable’ konten lah ya kita ngomongnya, ringan banget, jadi bisa konten topiknya kaya Viral Things, Daily Activity, dan Quiz/Challange,” tutur Prabu.