Find Us On Social Media :

Adopsinya Diprediksi Terus Meningkat, Apa Itu Industrial Automation?

By Rafki Fachrizal, Selasa, 16 Mei 2023 | 16:26 WIB

Ilustrasi Industrial Automation (Otomatisasi Industri).

Perkembangan teknologi di bidang industri terus mengalami pertumbuhan pesat. Industrial automation (otomatisasi industri) menjadi salah satu teknologi yang terus menghadirkan inovasi baru dan banyak diterapkan oleh pelaku industri saat ini.

Semakin banyaknya industri yang mengadopsi industrial automation pun membuat pasar teknologi tersebut diprediksi akan terus bertumbuh dalam beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan sebuah laporan bertajuk “The Business Research Co.'s Industrial Automation Global Market Report 2023”, pasar industrial automation secara global diprediksi bertumbuh dari $177.2 miliar di 2022 menjadi $190.9 di 2023 dan bernilai $256.7 miliar di 2027, dengan tingkat CAGR sedikit lebih sebesar tujuh persen.

Prediksi tersebut setidaknya menggambarkan bahwa industrial automation menjadi teknologi yang penting bagi industri untuk bersaing di era industry 4.0 dan ke depannya. Lantas, apa itu industrial automation?

“Industrial automation itu ‘kan pada dasarnya otomatisasi untuk industri. Jadi untuk segmen industri, manufacturing (manufaktur). Jadi, otomatisasi untuk industri,” kata Martin Setiawan, Business Vice President Industrial Automation, Schneider Electric, saat ditemui tim InfoKomputer di kantor Schneider Electric yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Sementara bila mengutip dari TechTarget, industrial automation adalah kontrol mesin dan proses yang digunakan di berbagai industri dengan sistem otomatisasi melalui penggunaan teknologi seperti robotika dan software (perangkat lunak) pada komputer.

Keuntungan Mengadopsi Industrial Automation

Ada dua keuntungan utama yang bisa didapatkan sebuah industri ketika mengadopsi industrial automation.

Pertama, efisiensi. “Yang paling menarik buat pemilik bisnis itu efisiensi yang dia dapat ‘kan. Jadi misalnya dia investasi untuk memasang sistem automation plus software untuk meningkatkan overall effectiveness (keefektifan secara keseluruhan) dan efisiensi pabriknya,” ucap Martin.

Setelah menggunakan industrial automation, pelaku industri rata-rata diprediksi bisa balik modal dalam jangka waktu dua tahun setelah implementasi.

“Jadi investasi yang dia bayarkan untuk automation itu dan software serta perangkat lainnya itu dalam dua tahun itu bisa balik,” cetus Martin.

Kedua, produktivitas. Industrial automation menawarkan kemampuan untuk dapat mengerjakan tugas dengan cepat dan mengurangi tingkat kesalahan. Sehingga, dapat meningkatkan produktivitas industri tersebut.

“Productivity (produktivitas) itu ‘kan juga bisa mempengaruhi ke cost (biaya). Artinya, cost per product-nya akan semakin kecil, semakin efisien produksi mereka. Cost per produk yang semakin kecil itu akan meningkatkan dia (industri) punya daya saing. Daya saingnya akan semakin tinggi.” Jelas Martin.