Find Us On Social Media :

Dengan AI, Karyawan Cukup Kerja Tiga Hari Seminggu, Kok Bisa?

By Liana Threestayanti, Selasa, 27 Juni 2023 | 10:00 WIB

Riset terbaru mengungkapkan, artificial intelligence (AI) dapat mengotomatisasi dua per tiga dari pekerjaan kantor.

Produktivitas dan efisiensi adalah dua harapan yang disematkan banyak orang pada artificial intelligence (AI). Riset terbaru mengungkapkan bahwa AI dapat mengotomatisasi dua per tiga dari pekerjaan kantor.  

Penelitian yang dilakukan firma riset Valoir ini mencatat, AI, robotic process automation (RPA), dan tool serta teknologi serupa sudah hadir sejak beberapa lama. Namun, kehadiran tool AI generatif model bahasa besar (LLM), seperti ChatGPT dan Google Bard, membuat perusahaan dan karyawannya memberikan perhatian lebih besar.  

Untuk memahami potensi dampak AI dan automasi terhadap produktivitas, efisiensi, dan pekerjaan, Valoir menyelenggarakan survei terhadap lebih dari 1000 pekerja dari berbagai sektor industri. Untuk memvalidasi data, Valoir juga mewawancarai responden yang merupakan karyawan di bidang keuangan, HR, TI, marketing, operations, sales, dan service. 

Inilah temuan-temuan penting dari survei Valoir:

Selanjutnya, Valoir menanyakan kepada para pekerja berapa lama waktu yang mereka gunakan untuk melakukan 13 tugas-tugas yang berbeda, seperti membaca dan membalas email, mengelola kalender dan membuat jadwal, berbicara di telepon, dan lain-lain.

Penelitian ini mengungkapkan, potensi terbesar untuk melakukan otomatisasi adalah pada tugas-tugas di bidang TI, yaitu sebanyak 48%, diikuti oleh bidang keuangan, operations, customer service, HR, dan pemasaran. Dan jika para karyawan di bidang-bidang itu sepenuhnya memanfaatkan AI untuk automasi, mereka dapat mengotomatisasi rata-rata 40% dari tugas-tugas di hari kerja mereka. Dan artinya, mereka bisa bekerja tiga hari saja dalam satu minggu.

Namun Valoir juga mencatat adanya beberapa faktor yang mempengaruhi realisasi potensi AI untuk automasi:

1. Kebijakan dan budaya perusahaan

Dua hal ini penting dalam implementasi AI untuk automasi pekerjaan kantor. Perusahaan harus dapat menyeimbangkan potensi peningkatan produktivitas karyawan dengan risiko penyalahgunaan atau hasil yang justru berlawanan dari penggunaan AI tersebut. Menurut hasil survei ini, budaya kerja yang menjunjung tinggi otonomi dan tanggung jawab pribadi dapat meraih manfaat lebih besar dari automasi dengan AI. 

2. Kesiapan teknologi dan data

Untuk memanfaatkan potensi AI sepenuhnya, perusahaan harus terkoneksi dan membutuhkan sumber data yang andal, serta mempunyai langkah pengamanan (safeguard) untuk memastikan keamanan, privasi, dan etika dalam penggunaan data dengan AI.

3. Faktor manusia