Find Us On Social Media :

IBM Ajak Perusahaan Adaptasi Teknologi Terkini di Ajang IBM Think Experience dan Tech Summit Jakarta 2023

By Fathia Yasmine, Kamis, 3 Agustus 2023 | 14:30 WIB

IBM Think Experience dan Tech Summit Jakarta 2023

Artificial intelligence (AI), automation, cyber security, dan hybrid cloud kini memainkan peran vital dalam aktivitas operasional perusahaan.

Dengan adanya AI, perusahaan dapat membuka peluang baru untuk mengoptimalkan sumber daya, meningkatkan pengalaman pelanggan, memperbaiki produk dan layanan; membantu perusahaan untuk meraih capaian bisnis yang penting, sekaligus capaian keberlanjutan.

Kemampuan AI menganalisis data secara akurat juga dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang tren dan perilaku pasar yang bermanfaat untuk meramalkan permintaan di masa depan, mengidentifikasi peluang pertumbuhan baru, dan membuat keputusan bisnis yang lebih berinformasi dan tepat waktu.

Sementara pada automatisasi, laporan McKinsey Global Institute pada 2017 mengatakan bahwa hampir 50 persen pekerjaan manual bisa diotomasi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko kesalahan manusia.

Baca Juga: Cara IBM Kembangkan AI Watsonx dengan Biaya Murah dan Hemat Energi 

Pada beberapa kasus, otomasi juga memiliki sejumlah manfaat, mulai dari menekan biaya tenaga kerja hingga membuat manusia lebih fokus pada tugas-tugas yang kreatif, kompleks, dan strategis.

Cyber security, sementara itu, menjadi salah satu perlindungan yang esensial untuk menjaga integritas dan keamanan informasi perusahaan.

Hal ini diperkuat dengan hasil riset dari Juniper Research pada 2019 yang mengatakan bahwa kerugian yang ditimbulkan akibat serangan ini bisa mencapai lima triliun dollar Amerika Serikat (AS) pada 2024.

Bagi perusahaan dengan bisnis berbasis internet atau sistem kerja hibrida, hybrid cloud mampu menawarkan fleksibilitas dan efisiensi.

Dikutip dari Gartner, menggunakan kombinasi dari infrastruktur public dan private cloud, perusahaan dapat meningkatkan aksesibilitas data, skala sistem, dan pengelolaan beban kerja yang lebih efisien.

Baca Juga: IBM: Perusahaan Wajib Membuat Teknologi AI yang Bertanggung Jawab

Melalui pemanfaatan teknologi-teknologi di atas, perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta memberikan produk dan layanan yang unggul bagi pelanggan di era digital.