Sendbird, platform komunikasi Application Programming Interface (API) yang membantu 4.000 aplikasi dan 300 juta pengguna setiap bulan untuk berkomunikasi, baru-baru ini mengumumkan bahwa unit bisnisnya, Salesforce Connector kini tersedia untuk kalangan bisnis dalam menghadirkan peningkatan yang mendorong efisiensi bagi tim layanan pelanggan.
Update ini berisi beberapa fitur baru, termasuk Sendbird SmartAssistant, solusi unik percakapan AI yang baru pertama kali ada.
Salesforce Connector memungkinkan para mitra memberikan pengalaman live chat yang istimewa bagi pelanggannya melalui Salesforce Service Cloud.
Perusahaan dapat menggunakan Salesforce Connector Sendbird untuk integrasi secara instan. Hasilnya adalah penghematan waktu yang signifikan untuk pengembangan – yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu, sekarang dapat dilakukan dalam waktu kurang dari sehari.
Kini, dengan Sendbird SmartAssistant, chatbot AI generatif tanpa kode yang dapat disesuaikan sudah dapat diintegrasikan ke dalam sistem pendukung alur kerja perusahaan.
Percakapan akan menjadi lebih kaya dan bermanfaat secara langsung di dalam aplikasi mobile pengguna.
“Salesforce Connector mengubah cara kerja industri pelayanan pelanggan,” tutur CEO dan Co-founder Sendbird, John S. Kim.
“Para agen memiliki alat dan jawaban yang tersedia kapanpun untuk membantu menyelesaikan masalah paling rumit sekalipun dengan mudah. Melalui SmartAssistant, para agen dapat membantu lebih banyak pelanggan dengan level personalisasi dan efisiensi yang jauh lebih maju,” lanjut John.
Pasar industri platform komunikasi API telah berkembang pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai negara dengan pertumbuhan platform komunikasi API yang sangat pesat, Indonesia turut mengalami pertumbuhan jumlah pengguna di segmen pembayaran digital dalam pasar fintech.
Ke depannya, tingkat pengguna platform komunikasi API di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat antara tahun 2023 dan 2027 sebesar 50,8 juta pengguna (lebih dari 25%).
Jumlah pengguna diperkirakan akan mencapai 247,26 juta, dan oleh karenanya akan mencapai puncaknya di tahun 2027.
Terutama, dengan jumlah pengguna segmen pembayaran digital pasar fintech yang terus meningkat selama beberapa tahun terakhir, akan mendorong pertumbuhan kebutuhan layanan dukungan pelanggan yang mumpuni.
Demi membantu memenuhi kebutuhan pasar yang bertumbuh atas platform komunikasi API yang baik, Salesforce Connector menyediakan kemampuan chat yang unggul, seperti lampiran media yang beragam, moderasi gambar, webhook, dan pengalaman pelanggan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.