Find Us On Social Media :

Alasan Chatbot Claude 2 AI Tawarkan Kemampuan Lebih Baik dari ChatGPT

By Adam Rizal, Jumat, 1 September 2023 | 09:30 WIB

Claude AI

Saat ini ChatGPT jadi chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan paling populer di pasar dengan ratusan pengguna setiap bulannya. ChatGPT berbasismodel bahasa besar (LLM) GPT-3.5 hadir dalam versi gratis di publik.

Jika Anda ingin ChatGPT yang lebih canggih lagi, Anda bisa mencoba berlangganan bulanan ChatGPT Plus yang berbasis LLM GPT-4.

Kesuksesan OpenAI memperkenalkan ChatGPT itu menginspirasi perusahaan teknologi lainnya untuk memperkenalkan layanan serupa seperti Bing AI dari Microsoft, Bard dari Google, dan Claude dari Anthropic, sebagai contoh.

Anthropic, perusahaan fokus pada keamanan dan riset AI memperkenalkan chatbot AI Claude 2 yang menawarkan banyak keunggulan dibanding ChatGPT.

Berikut adalah keunggulan Claude AI yang tidak dimiliki oleh fitur ChatGPT seperti dikutip ZDNet:

Mengolah dan Merangkum Berkas yang Diunggah

Salah satu keunggulan utama Claude AI adalah kemampuannya untuk mengunggah dan mengolah berkas dalam percakapan. Pengguna dapat mengunggah berkas dengan mengklik lampiran atau menggeser dan meletakkannya ke area masukan teks. Hingga lima berkas dengan ukuran total 10MB dapat ditambahkan sekaligus. Claude secara otomatis akan merangkum berkas yang diunggah, selain itu, hal ini juga memungkinkan chatbot AI untuk memahami konteks informasi dari berkas tersebut selama percakapan.

"Cara Ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut terkait dokumen atau teks tersebut, bahkan untuk hal-hal yang tidak tercakup dalam rangkuman," tulis Anthropic di dalam situsnya.

Sebagai contoh, jika pengguna mengunggah studi medis dalam bentuk PDF, Claude dapat memahami isinya dan menjawab pertanyaan seperti tujuan studi atau persentase peserta dengan hasil tertentu.

Berkas yang dapat diunggah mencakup dokumen Word, PDF, .txt, .csv, dan lainnya. Meskipun Claude tidak dapat mengolah spreadsheet Excel, kamu bisa mengonversinya menjadi PDF sebelum mengunggahnya untuk dirangkum.

Mengolah Lebih Banyak Kata daripada ChatGPT

Peluncuran Claude 2.0 membawa kapasitas token hingga 100 ribu, memungkinkan masukan dan keluaran yang lebih panjang. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan sekitar 75 ribu kata dalam setiap permintaan.