Find Us On Social Media :

Ini Tiga Serangan Siber yang Targetkan Penjualan Tiket Konser Online

By Rafki Fachrizal, Jumat, 8 September 2023 | 19:15 WIB

Ilustrasi Konser Musik.

Serangan siber dan ancaman-ancaman yang mengikutinya telah menjadi masalah besar bagi industri hiburan, terutama ketika akan menyelenggarakan acara konser musik atau pertunjukan artis, karena memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap penjualan tiket.

Serangan-serangan ini dapat mengganggu seluruh proses penjualan tiket, sehingga dapat mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi pihak penyelenggara dan promotor acara.

Untuk mendapatkan informasi seputar konser atau acara tertentu, cara yang paling umum dilakukan adalah menelusuri situs web menggunakan browser yang tidak terproteksi, baik itu menggunakan desktop maupun smartphone.

Namun, aktivitas tersebut justru menjadi salah satu celah yang dapat dimanfaatkan oleh para aktor jahat untuk melancarkan serangannya.

Laporan penelitian terbaru dari Unit 42 Palo Alto Networks mengungkapkan bahwa URL, atau web browser, merupakan metode utama penyebaran ransomware, dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 77%.

Dengan banyaknya pengumuman jadwal konser belakangan ini, penting bagi masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi ancaman dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan demi melindungi keamanan data mereka.

Ada beberapa insiden serangan siber yang memengaruhi penjualan tiket konser online. Salah satu contoh kasus populer adalah serangan siber yang mengganggu penjualan tiket konser Taylor Swift pada November 2022 lalu.

Platform penjualan tiket mengalami serangan yang digerakkan oleh bot di mana pelaku kejahatan menggunakan alat serangan otomatis untuk membanjiri situs web dengan traffic, yang dapat membuat sistem offline dan mengganggu proses pembelian tiket.

Insiden ini menyoroti kerentanan sistem tiket online terhadap serangan siber, dan pelaku ancaman dapat mencoba menerobos sistem untuk mendapatkan akses tidak sah ke akun pengguna, sehingga dapat mencuri informasi pribadi dan melakukan penipuan.

Untuk itu, ditekankan pentingnya langkah konkret peningkatan kemampuan keamanan siber di sistem pemesanan tiket untuk pertunjukan musik dan seni di ranah industri hiburan, demi melindungi semua pihak yang terlibat.

Dalam hal penjualan tiket konser online, terdapat beragam jenis serangan siber yang dapat mengancam penyelenggara acara dan juga pembeli tiket.

Hal ini semakin menekankan pentingnya langkah konkret peningkatan keamanan siber dalam sistem tiket di seluruh sektor industri hiburan untuk melindungi seluruh pihak yang terlibat, serta perlunya memastikan pengalaman sistem pembelian tiket end-to-end yang aman.

Beberapa jenis serangan siber yang umum mempengaruhi penjualan tiket konser online meliputi: