Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah, Ini Strategi Intel Jadi Pemain Utama di Industri CPU AI

By Adam Rizal, Senin, 25 September 2023 | 15:30 WIB

Pat Gelsinger CEO Intel memperkenalkan prosesor Intel Xeon Generasi ke-5 (kiri) dan Intel Core Ultra (kanan).

Intel mengumumkan sejumlah teknologi yang bertujuan untuk membawa ArtificiaI Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ke berbagai sektor dan membuatnya lebih mudah diakses untuk berbagai jenis tugas, termasuk di perangkat klien, edge computing, jaringan, dan cloud.

CEO Intel Pat Gelsinger mengatakan teknologi AI memiliki peran penting dalam mengubah dunia dan membuka era baru dalam perkembangan global. Hal ini menandakan bahwa komputasi menjadi hal yang fundamental untuk masa depan yang lebih baik bagi banyak orang.

"Cara Ini membuka peluang besar, baik dalam bisnis maupun sosial, untuk para pengembang. Ini juga memungkinkan mereka untuk melewati batasan-batasan teknologi, mengatasi tantangan-tantangan global, dan meningkatkan kualitas hidup individu," ujarnya seperti dikutip Gadgets Now.

Gelsinger memaparkan upaya Intel untuk mengintegrasikan kemampuan AI ke dalam produk perangkat kerasnya dan membuatnya dapat diakses melalui solusi perangkat lunak multi-arsitektur yang terbuka.

" Kami menekankan peran penting AI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang disebut "Siliconomy," yang merujuk pada pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh kombinasi teknologi silikon dan perangkat lunak," ujarnya.

Kinerja inferensi AI MLPerf yang baru-baru ini diraih semakin menegaskan komitmen Intel untuk melibatkan semua aspek komputasi AI, termasuk model-model AI yang paling rumit dan besar. Ini juga menyoroti bahwa akselerator Intel Gaudi2 adalah salah satu pilihan terbaik di pasaran untuk kebutuhan komputasi AI.

Gelsinger juga mengungkapkan rencana Intel membangun superkomputer AI besar yang akan sepenuhnya didukung oleh prosesor Intel Xeon dan 4.000 akselerator perangkat keras Intel Gaudi2 AI, dengan Stability AI sebagai pelanggan utama.

Chief Technology Officer Alibaba Cloud, Zhou Jingren, baru-baru ini membahas bagaimana Alibaba memanfaatkan prosesor Intel Xeon Generasi ke-4 dengan akselerasi AI bawaan. Prosesor ini diterapkan pada model-model "AI generatif dan bahasa besar Tongyi Foundation Models" dari Alibaba Cloud. Menurut Jingren, teknologi Intel telah menghasilkan "peningkatan waktu respons yang signifikan," dengan akselerasi rata-rata hingga tiga kali lebih baik.

Intel juga memberikan gambaran singkat tentang prosesor Intel Xeon Generasi berikutnya, mengungkapkan bahwa prosesor Intel Xeon Generasi ke-5 akan menghadirkan peningkatan kinerja dan memori yang lebih cepat tanpa peningkatan konsumsi daya. Setelah peluncuran Sierra Forest, Granite Rapids dengan P-core akan membawa kinerja AI hingga dua hingga tiga kali lebih baik dibandingkan dengan Xeon Generasi ke-4.

Cetak Rekor 

Ilustrasi Chip AI (Artificial Intelligence)

Pabrikan chipset komputer Intel meraih labar yang signifikan pada kuartal ini walaupun kondisi pasar komputer PC di dunia sedang melesu.

Hal itu menyebabkan kenaikan saham sekitar 6 persen dan melebihi ekspektasi Wall Street terkait pendapatan kuartal ketiga.