Find Us On Social Media :

Bantu Sektor Kesehatan Gunakan Data, Microsoft Hadirkan Tool AI Baru

By Liana Threestayanti, Kamis, 12 Oktober 2023 | 17:01 WIB

Microsoft menghadirkan solusi dan kemampuan baru dalam pemanfaatan data dan AI di sektor pelayanan kesehatan (healthcare). (Ilustrasi Industri Healthcare)

Di ajang HLTH 2023, di Las Vegas, AS, Microsoft menghadirkan solusi dan kemampuan baru dalam pemanfaatan data dan artificial intelligence (AI) di sektor pelayanan kesehatan (healthcare). 

Peluncuran ini dilatarbelakangi fakta yang diungkap Deloitte bahwa lebih dari 30% data yang dihasilkan di seluruh dunia datang dari sektor pelayanan kesehatan dan bidang life science. 

Temuan lain diungkap oleh World Economic Forum, yaitu rumah sakit menghasilkan 50 petabyte data setiap tahun. Angka tersebut setara dengan 10 miliar file musik.

Namun kenyataannya, 97% dari data tersebut belum dimanfaatkan karena tersimpan di berbagai sistem dan format. 

Padahal, pemanfaatan data adalah kunci untuk membuat terobosan klinis dan operasional yang dapat mengubah kehidupan pasien dan perjalanan layanan kesehatan.

Solusi Khusus Kesehatan di Microsoft Fabric

Menjawab tantangan itu, Microsoft mengembangkan tool khusus untuk layanan kesehatan yang disematkan pada Microsoft Fabric, sebuah platform data dan analitik yang diluncurkan Microsoft di bulan Mei lalu. Platform ini dapat menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti catatan medis elektronik, citra, sistem lab, perangkat medis, dan sistem klaim sehingga organisasi dapat menstandardisasi data dan mengaksesnya melalui satu wadah. 

Di blognya, Microsoft mengatakan bahwa tool-tool baru ini akan membantu sektor pelayanan kesehatan mengeliminasi proses-proses pencarian data di berbagai sumber yang bisa memakan waktu. 

Telah diuji di beberapa pelanggan terpilih, di antaranya Northwestern Medicine, Arthur Health, dan SingHealth, tool ini tersedia sebagai preview mulai Selasa lalu. 

Tool AI Baru di Azure

Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan sejumlah tool baru di Azure AI yang khusus dikembangkan untuk sektor healthcare. 

Di antara tool AI baru itu adalah chatbot AI, Azure AI Health Bot, yang dapat mengambil informasi yang bersumber dari data internal sebuah institusi kesehatan maupun dari sumber-sumber eksternal, seperti Food and Drug Administration (FDA) dan National Institutes of Health (NIH).