Find Us On Social Media :

Alibaba dkk Batal Borong Chip AI Nvidia Senilai Rp80 Triliun

By Adam Rizal, Kamis, 2 November 2023 | 13:00 WIB

Chip AI Nvidia H100

Saham Nvidia anjlok 5 persen mencapai level terendah dalam lima bulan terakhir usai beberapa perusahaan teknologi besar di China termasuk Alibaba, ByteDance, dan Baidu membatalkan pesanan chip AI ke Nvidia.

Total nilai pembatalan pesanan Alibaba dkk itu mencapai USD5 miliar atau Rp80 triliun ByteDance, dan Baidu. Pembatalan pemesanan itu sebagai respons terhadap larangan ekspor terbaru yang diberlakukan oleh Departemen Perdagangan AS.

Dampak dari pembatalan pesanan itu membuat harga saham Nvidia turun hingga mencapai USD392,30 per lembar saham, mengalami penurunan sebanyak 4,7 persen dari level terendah yang pernah dicapai oleh saham Nvidia pada pertengahan Juni yang lalu.

Nvidia menjelaskan pembatalan pesanan chip AI itu terjadi di tengah permintaan yang tinggi untuk chip canggih buatan mereka, yang seringkali memerlukan waktu yang cukup lama untuk diproduksi.

Tak hanya itu, Nvidia juga memprioritakan pesanan yang berasal dari pelanggan yang berlokasi di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Mereka menyatakan bahwa aturan ekspor baru ini tidak akan berdampak signifikan dalam jangka pendek.

Pada Oktober, Pemerintah AS memperkenalkan aturan ekspor baru yang berdampak pada penjualan beberapa chip kecerdasan buatan (AI) yang diproduksi oleh Nvidia dan perusahaan lainnya ke China seperti dikutip Reuters.

Langkah ini diambil dengan tujuan untuk membatasi pasokan teknologi canggih AS ke China, yang dianggap dapat digunakan untuk penguatan militer China.

Departemen Perdagangan AS mencatat bahwa pembatasan ini bertujuan untuk menutup celah dalam aturan ekspor yang telah diberlakukan pada Oktober 2022. Dengan aturan baru ini, chip-chip AI canggih seperti H800 dan A800 dari Nvidia tidak dapat lagi diekspor ke China.

Aturan ekspor baru ini mulai berlaku pada bulan November dan serupa dengan pembatasan ekspor yang diberlakukan terhadap Iran dan Rusia.

Langkah ini segera mendapatkan kritik dari pemerintah China, yang menyerukan AS untuk menghindari politisasi perdagangan dan teknologi serta untuk tidak mengganggu industri global dan rantai pasokan.

Pemerintah China juga menyatakan bahwa mereka akan terus memantau perkembangan ini dan mempertahankan hak serta kepentingan mereka.

Huawei Buat Chip AI