Find Us On Social Media :

Tak Perlu Beli, AWS Hadirkan Layanan Sewa GPU AI dengan Biaya Murah

By Adam Rizal, Selasa, 7 November 2023 | 09:00 WIB

Amazon Web Services (AWS).

Saat ini banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Salah satu komponen penting dalam pengembangan AI adalah GPU.

Masalahnya, ketersediaan GPU AI saat ini sangat terbatas dan menyebabkan harganya semakin mahal dan membuat pengembangan AI di beberapa perusahaan menjadi sedikit terhambat.

Amazon Web Services (AWS) meluncurkan layanan terbarunya Elastic Compute Cloud Capacity Blocks for ML yang memungkinkan perusahaan atau pengguna menyewakan GPU dalam waktu tertentu.

Layanan itu sangat bermanfaat bagi klien ketika mengerjakan atau menyelesaikan proyek AI seperti membuat model machine learning ataupun melakukan eksperimen dengan model AI yang sudah ada.

Lewat layanan ini, pengguna bisa meminjam akses ke NVIDIA H100 Tensor Core GPU sampai dengan 64 instance, di mana 1 instance nya terdapat 8 GPU.

Durasi dari peminjaman GPU ini bisa sampai 14 hari dan dapat di-booking dari 8 minggu sebelumnya.

Hal itu tentu saja akan membuat biaya yang dikeluarkan akan semakin hemat ketimbang harus meminjam GPU dengan jangka panjang.

Layanan Elastic Compute Cloud Capacity Blocks for ML ini sudah bisa digunakan mulai tanggal 2 November 2023.

Namun saat ini baru tersedia untuk beberapa negara bagian di Amerika Serikat dengan tarif mulai dari 0.0042 USD atau Rp 66 per instance untuk tiap 1 jam pemakaian.

Kemungkinan nantinya Amazon Web Services akan memperluas layanan ini ke berbagai negara lainnya juga.

Layanan Cloud Populer

Alibaba Cloud