Find Us On Social Media :

Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra: Pengganti Laptop yang Serba Bisa

By Dayu Akbar, Jumat, 1 Desember 2023 | 15:48 WIB

Samsung Galaxy Tab S9 Ultra dengan Book Cover Keyboard

Sebagai brand yang konsisten menghadirkan perangkat tablet Android kelas flagship, Samsung kembali menghadirkan generasi terbarunya melalui Galaxy Tab S9 Series. Ada tiga seri yang meluncur yaitu Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9 Plus, dan Galaxy Tab S9 Ultra. Dan yang akan kami bahas kali ini adalah Galaxy Tab S9 Ultra yang memiliki ukuran layar paling besar dan harganya yang paling tinggi.

Seperti pada beberapa lini produk Samsung lainnya, paket penjualan Galaxy Tab S9 Ultra ini terbilang minim. Hanya terdapat unit, kabel USB type-C to type, SIM ejector, dan kertas panduan serta garansi. Disini Anda tidak akan mendapati kepala charger untuk mengisi daya sehingga harus membelinya secara terpisah. Untungnya, pena digital S-Pen sudah termasuk dalam paket penjualan.

Sebagai tablet premium, Galaxy Tab S9 Ultra memiliki build quality kokoh dengan bodi menggunakan bahan armor alumunium. Sudah mendapati sertifikasi IP68, Galaxy Tab S9 Ultra (dan varian Galaxy Tab S9 lainnya) jadi tablet pertama yang bisa bertahan dalam air tawar hingga kedalaman 1,5 meter hingga 30 menit. Begitu pula dengan S-Pen yang juga sudah mendapati sertifikasi tersebut.

Meski Galaxy Tab S9 Ultra punya ukuran layar paling besar yaitu 14,6 inci, namun punya ketebalan paling tipis saja dibanding varian lainnya yaitu hanya 5,5 mm.

Diklaim sebagai tablet paling besar, layarnya memiliki ukuran 14,6 inci dengan dimensi panjang 25,43 cm dan lebar 16,58 cm. Namun menariknya, dari sisi ketebalan Galaxy Tab S9 Ultra justru paling tipis yaitu hanya 5,5 mm. Samsung menggunakan panel terbaik saat ini yaitu Dynamic AMOLED 2X yang punya tampilan lebih cerah dan warna lebih tajam dibanding generasi sebelumnya. Resolusinya WQXGA+ atai 2960 x 1848 piksel dengan rasio 16:10. Mendukung adaptive refresh rate hingga 120 Hz, layarnya bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Untuk daya tahan, sudah dilapisi pula dengan Corning Gorilla Glass agar tidak rentan terhadap goresan.

Travel key-nya rendah sehingga tidak perlu menekan terlalu dalam saat mengetik. Tombolnya memiliki backlight warna putih dengan beberapa tingkat kecerahan yang aktif dengan cara menekan tombol Fn+F12. Hal ini dapat memberikan kenyamanan saat mengetik dalam ruang dengan pencahayaan minim.

Dari segi desain, tablet ini masih sama dengan tablet seri-seri sebelumnya. Bagian belakangnya polos dan terasa licin namun tidak gampang kotor oleh bercak tangan atau sidik jari. Di bagian pojoknya terdapat dua kamera belakang dan satu lampu led flash dengan posisi vertikal. Di bawahnya terdapat tempat pengisian daya untuk S-Pen dengan landasan berbahan magnet. Posisi tombol Power dan Volume ada di sisi samping, sementara di sisi ainnya terdapat slot kartu yang bisa menampung satu kartu nano SIM dan satu kartu microSD.

Punya ukuran besar, tablet ini memang kurang nyaman dipegang  menggunakan satu tangan. Agar produktivitas lebih lancar, seperti sebelumnya Samsung juga menghadirkan aksesori berupa book cover keyboard. Dengannya, Galaxy Tab S9 Ultra lebih asik digunakan karena bisa digunakan seperti layaknya laptop. Hanya saja aksesori ini dijual terpisah dan punya harga cukup tinggi yaitu Rp3.999.000.

Book cover keyboard merupakan aksesori yang wajib dimiliki untuk mendapatkan pengalaman menggunakan tablet layaknya laptop, sayangnya aksesori ini dijual terpisah.

Saat dipasang dengan book cover keyboard, Anda akan merasakan pengalaman layaknya menggunakan tablet. Ini juga ditunjang dengan fitur Samsung DeX sebagai penunjangnya, apalagi jika Anda juga menghubungkannya dengan mouse nirkabel. Keyboard-nya sendiri memiliki tata letak tombol yang renggang sehingga memberi kenyamanan saat digunakan.

Travel key-nya rendah sehingga tidak perlu menekan terlalu dalam saat mengetik. Tombolnya memiliki backlight warna putih dengan beberapa tingkat kecerahan yang aktif dengan cara menekan tombol Fn+F12. Hal ini dapat memberikan kenyamanan saat mengetik dalam ruang dengan pencahayaan minim.

S-Pen menggunakan koneksi nirkabel berbasis bluetooth low energi (BLE), dan memiliki fungsi air action yang menjalankan perintah dengan gesture tertentu dari S-Pen tanpa menyentuh layar.