Find Us On Social Media :

Google Siapkan Gemini untuk Terintegrasi di Tiap Lini Organisasi

By Liana Threestayanti, Selasa, 19 Desember 2023 | 22:23 WIB

Google memperkenalkan sejumlah kemampuan baru dalam kumpulan AI stack-nya yang akan mendukung Gemini. (Ilustrasi Gemini AI)

Google memperkenalkan  sejumlah kemampuan baru dalam AI stack-nya yang akan mendukung Gemini. Seperti diberitakan sebelumnya, Gemini merupakan  model AI terbaru dari Google yang diklaim paling mumpuni dan komprehensif. 

Sebagai informasi, Google membangun Gemini dari awal sebagai multimodal AI sehingga model AI ini memiliki kemampuan menggeneralisasi dan memahami, beroperasi luas, dan menggabungkan berbagai jenis informasi, seperti teks, kode, audio, gambar, dan video, dengan cara yang sama seperti manusia melihat, mendengar, membaca, mendengarkan, dan berbicara tentang berbagai jenis informasi secara bersamaan.

AI Stack Terpadu Google Cloud

Google mengumumkan bahwa Gemini kini merupakan bagian dari kumpulan (stack) teknologi AI yang terintegrasi dan dioptimalkan secara vertikal. Kumpulan teknologi ini terdiri dari beberapa bagian penting yang semuanya dirancang Google untuk bisa bekerja bersama:

1. Infrastruktur AI yang super scalable

Bagi perusahaan, Google Cloud menawarkan infrastruktur yang dioptimalkan untuk AI. Infrastruktur ini disebut Google sama dengan infrastruktur yang digunakan Google untuk melatih dan melayani model-model AI-nya. 

CEO Google Cloud, Thomas Kurian, menulis dalam blog, infrastruktur ini ditawarkan sebagai layanan (as a service) melalui cloud di tiap region. Infrastruktur ini akan berjalan di data center pelanggan melalui Google Distributed Cloud dan di edge. 

“Keseluruhan kumpulan infrastruktur AI kami dibangun dengan codesign mulai dari tingkat sistem untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses AI training, tuning, dan serving AI,” jelas Thomas Kurian.

2. Model AI kelas dunia

Google telah menghadirkan serangkaian model AI yang memiliki keterampilan berbeda. Pada akhir 2022, Google meluncurkan Pathways Language Model (PaLM) yang segera disusul peluncuran PaLM2. 

“Dan sekarang kami menghadirkan Gemini Pro. Kami juga telah memperkenalkan model untuk domain-domain spesifik, seperti Med-PaLM dan Sec-PaLM,” jelas Thomas Kurian.

3. Vertex AI, platform AI kelas enterprise untuk para developer