Find Us On Social Media :

5 Langkah Memperoleh Centang Hijau untuk Akun WhatsApp Bisnis

By ADV PI, Selasa, 16 Januari 2024 | 14:28 WIB

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemilik bisnis untuk memberi pelayanan terbaik pada pelanggan.

Pada aplikasi pesan, misalnya, pemilik bisnis bisa memanfaatkan platform WhatsApp Bisnis untuk menawarkan produk, menjawab keluhan, hingga mengirimkan informasi terkini kepada pelanggan.

Untuk meningkatkan kredibilitas, pemilik usaha juga bisa menggunakan fitur tanda centang hijau juga membantu membuktikan keaslian dan kepercayaan pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih aman untuk berkomunikasi, bertransaksi, dan berbagi informasi pribadi dengan brand. 

Untuk mendapat Verifikasi WhatsApp centang hijau, berikut lima cara yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha.

  1. Gunakan nomor khusus

Sebelum melakukan permohonan verifikasi, pastikan Anda telah menggunakan nomor yang digunakan khusus untuk keperluan bisnis.

Pastikan nomor yang digunakan adalah nomor aktif dan bisa menerima kode verifikasi, karena nomor WhatsApp Bisnis hanya dapat digunakan sekali untuk satu akun dan tidak dapat diganti.

Selain nomor khusus, pastikan Anda menggunakan nama brand atau bisnis yang resmi.

1. Daftarkan bisnis melalui Business Service Provider (BSP)

Selanjutnya, daftarkan nomor bisnis melalui Business Service Provider (BSP). BSP merupakan mitra resmi WhatsApp yang akan mendaftarkan nomor telepon perusahaan melalui WhatsApp Business API.

2. Buat akun Facebook Business Manager

Untuk mendapat centang hijau, Anda juga perlu membuat akun Facebook Business Manager. Anda perlu menyiapkan nama perusahaan, jenis industri yang dijalankan, alamat perusahaan, link situs resmi perusahaan, serta user ID Facebook Business Manager.

BSP akan membantu melakukan verifikasi menggunakan akun WhatsApp Bisnis yang telah didaftarkan kepada penyedia layanan.

3. Verifikasi akun Facebook Business Manager

Setelah ID dari Facebook Business Manager berhasil diverifikasi oleh BSP, akun WhatsApp Bisnis akan berubah menjadi Official WhatsApp Business.

Dengan status ini, akun tersebut akan mendapatkan fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Bisnis biasa.

4. Tunggu Proses Verifikasi Centang Hijau

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda perlu menunggu proses verifikasi centang hijau selama 2-3 hari kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan permintaan tanda centang hijau akan ditolak oleh WhatsApp.

Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dulu kepada pihak BSP mengenai proses maupun persyaratan yang dibutuhkan supaya verifikasinya berhasil. Adapun proses pengajuan kembali 30 hari kerja setelah keterangan permintaan centang hijau tertolak diterima.

Tips memilih provider WhatsApp API yang tepercaya

Seperti dijelaskan sebelumnya, BSP merupakan penyedia jasa verifikasi WhatsApp Bisnis yang telah bekerja sama langsung dengan WhatsApp.

Meski hadir sebagai partner resmi, Anda tetap perlu cermat dalam memilih penyedia BSP agar proses verifikasi WhatsApp Bisnis dapat selesai tepat waktu. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda gunakan.

1. Evaluasi profil dan portofolio BSP

Keberadaan BSP yang populer saja tidaklah cukup, melainkan perlu dibarengi dengan portofolio yang meyakinkan bagi calon klien.

Selain mengecek profil dan portofolio, Anda juga perlu mengecek nomor registrasi BSP serta informasi lain, seperti testimoni atau ulasan dari klien sebelumnya.

2. Proses registrasi nomor mudah

Pilih BSP yang memberikan kemudahan dalam mendaftarkan nomor telepon untuk mengakses WhatsApp API, baik untuk nomor khusus perusahaan maupun pribadi.

3. Tinjau fitur yang ditawarkan

Saat memilih provider BSP, pastikan Anda juga memperhatikan fitur apa saja yang ditawarkan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah fitur yang diberikan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

4. Kemampuan integrasi antar sistem

Pastikan BSP mampu melakukan integrasi dengan sistem Customer Relationship Management (CRM) WhatsApp.

Integrasi ini penting untuk menjadikan bisnis mampu terhubung dengan banyak pelanggan sekaligus dan menjangkau lebih banyak konsumen secara bersamaan.

5. Perhatikan kecepatan onboarding

Selain profil dan kemampuan integrasi, perhatikan juga kecepatan BSP dalam proses onboarding.

Proses pengajuan WhatsApp Business API sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama, tetapi persetujuannya perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum akun resmi diverifikasi.

6. Transparansi biaya

Pastikan BSP memberikan transparansi mengenai biaya. Hal ini bertujuan agar klien dapat mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait harga yang ditawarkan oleh BSP.

7. Pertimbangkan fitur demo atau trial

Pilih BSP yang menyediakan demo atau trial agar perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan terbaik. Fitur ini dibutuhkan untuk mengetahui kecocokan sesuai kebutuhan perusahaan.

8. Dukungan pelanggan

Pastikan BSP menyediakan dukungan pelanggan yang dapat membantu klien mengatasi permasalahan teknis terkait WhatsApp API.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba layanan BSP WhatsApp API dari ShopKey yang hadir dengan delapan keunggulan di atas.

Melalui ShopKey, bisnis Anda dapat memperoleh pengalaman terbaik dalam melayani pelanggan, sekaligus meningkatkan kredibilitas akun melalui tanda centang hijau di WhatsApp.