Find Us On Social Media :

CMI Rilis Platform Influencer Marketing Berbasis Teknologi AI

By Rafki Fachrizal, Selasa, 23 Januari 2024 | 19:15 WIB

CacaFly Metrodata Indonesia (CMI) baru-baru ini meluncurkan KOL Partners, sebuah platform influencer marketing yang didukung dengan teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan.

Platform KOL Partners tersebut menggunakan AI untuk memberikan rekomendasi pilihan Key Opinion Leader (KOL) kepada pengguna, sehingga kampanye menjadi lebih cepat dan efektif, dengan biaya yang lebih rendah.

KOL Partners membantu pengguna dengan menghasilkan daftar rekomendasi KOL menggunakan AI, berdasarkan KOL dengan pengikut dan perilaku audiens serupa.

Pengguna hanya perlu memasukkan ID Instagram KOL yang diinginkan, dan KOL Partners akan menghasilkan daftar KOL serupa.

Selain itu, pengguna akan menerima metrik tentang KOL ini, seperti tingkat keterlibatan (Engagement Rate), rata-rata suka (Average Likes) dan komentar, serta perkiraan biaya penggunaan jasa KOL.

Indonesia dikenal sebagai salah satu pasar yang paling mengedepankan peran KOL di dunia, dengan 84% pemasar mengalokasikan hingga 40% dari anggaran digital mereka untuk KOL Marketing.

Pada tahap awal ini, keputusan KOL Partners untuk fokus pada Instagram didasarkan pada popularitas Instagram sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk kampanye KOL Marketing di Indonesia, yaitu sebesar 69% dari keseluruhan kampanye.

Mempermudah Proses Kampanye

Merekrut KOL untuk kampanye seringkali menjadi proses yang melelahkan dan memakan waktu, yang biasanya memakan waktu setidaknya 7 hari.

Pengguna seringkali harus menyusun daftar panjang untuk mengakomodasi potensi ketidaktersediaan atau ketidakresponsifan KOL yang dihubungi.

Namun, dengan menggunakan KOLPartners, waktu yang dibutuhkan untuk membuat daftar KOL dapat dikurangi menjadi hanya 3-4 hari.

Pemilihan KOL yang lebih akurat juga mengarah pada peningkatan kinerja kampanye dan minimalisasi biaya yang terbuang akibat kerjasama dengan KOL yang tidak tepat.

KOL Partners juga memiliki kelebihan dalam memperkenalkan KOL yang sebelumnya tidak dikenal oleh pengguna.