Find Us On Social Media :

INACO Pakai Solusi Schneider Electric untuk Wujudkan Green Industry

By Rafki Fachrizal, Kamis, 1 Februari 2024 | 11:55 WIB

Pabrik Pusat INACO di Bekasi gunakan solusi Schneider Electric untuk wujudkan green industry (industri hijau).

Konsep green industry (industri hijau) kini semakin banyak diterapkan oleh pelaku industri dari berbagai sektor.

Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin), green industry adalah industri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan, sehingga mampu menyesuaikan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Salah satu industri yang baru-baru ini mengumumkan penerapan green industry di pabriknya adalah PT Niramas Utama.

Berdiri sejak 1990, PT Niramas Utama memproduksi makanan dan minuman berbasis Nata De Coco berkualitas tinggi yang dikenal luas oleh masyarakat dengan merek INACO.

Untuk mewujudkan transformasi digitalnya menuju green industry, INACO menggandeng Schneider Electric dan dan PT JETEC Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut, Schneider Electric membantu INACO dalam melakukan pre-assessment, konsultasi dan pembuatan peta jalan transformasi digital menuju green industry hingga pengembangan kompetensi sumber daya manusianya.

Sedangkan PT JETEC Indonesia, mitra sistem integrator yang ditunjuk Schneider Electric, membantu dalam implementasi solusi dan teknologi di INACO.

“Saving energy (penghematan energi) dan menuju digitalisasi serta menuju sustainability dan green industry ini merupakan salah satu program yang kami canangkan untuk ke depan. Pemerintah melalui Kemenperin telah mencanangkan dan bahkan mempunyai suatu pusat green industry, yang saya kira ini (red: yang INACO lakukan) sejalan dengan program pemerintah di dalam mendukung pencapaian SDGs,” jelas Adhi Lukman, BOD PT Niramas Utama, dalam acara “Peresmian Go Live Sistem Otomasi Monitoring Energi Menuju Green Industry”, yang berlangsung di Pabrik Pusat INACO di Bekasi, Rabu (31/01/2024).

Dalam kerja sama ini, adapun solusi Schneider Electric yang digunakan di pabrik INACO yaitu EcoStruxure for Industry, yang mencakup:

IoT line monitoring & system alert berbasis perangkat lunak (software) yang dapat memberikan visualisasi menyeluruh terhadap operasional mulai dari bahan baku dan sumber daya hingga proses barang jadi di seluruh perusahaan secara real time.

Memungkinkan pengintegrasian sistem aset meski dari berbagai merek sehingga dapat menekan biaya investasi dan implementasi yang lebih cepat.

Sistem otomasi monitoring energi yang dapat memberikan wawasan terkait kesehatan sistem kelistrikan dan efisiensi energi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam upaya peningkatan kinerja.

Digunakan untuk diagnosa performa mesin secara virtual dan real time melalui tablet android atau ipad tanpa harus membuka komponen mesin secara manual, mengetahui potensi terjadinya masalah pada mesin sebelumnya, untuk meminimalisir risiko operasional, meningkatkan efisiensi dan biaya yang lebih rendah dalam perawatan aset.