Find Us On Social Media :

Indeks Automasi Workato: Proses Bisnis dengan AI Generatif Tumbuh 400%

By Liana Threestayanti, Jumat, 2 Februari 2024 | 13:45 WIB

Work Automation Index terbaru dari Workato mengungkap proses bisnis yang menggunakan artificial intelligence (AI) generatif meroket hingga 400%. (ilustrasi AI generatif, automasi, automation)

Work Automation Index terbaru dari Workato mengungkapkan, proses bisnis yang menggunakan artificial intelligence (AI) generatif meroket hingga 400%.

Disusun berdasarkan data anonim dari 1055 perusahaan pelanggan Workato yang berskala menengah hingga enterprise, laporan ini mengungkapkan adanya mindset baru dalam hal automation yang mencakup kelincahan (agility), systems thinking, dan inklusivitas. Hal ini, menurut Workato, memperlihatkan bagaimana organisasi merevolusi cara kerja dengan AI, automasi, dan integrasi.

Indeks automasi yang sudah ketiga kalinya dirilis ini menampilkan enam megatren, yaitu AI, citizen developer, penyebaran tool, pengalaman, strategi data, dan New Automation Mindset sebagai kesimpulannya. 

Salah satu kesimpulan utama dari laporan ini adalah meroketnya penggunaan AI generatif dalam proses bisnis hingga 400%. Meskipun AI generatif dilaporkan menyumbang kurang dari 1% pengeluaran perusahaan, selama setahun terakhir saja proses dengan AI generatif tumbuh sebesar 400%, dan endpoint AI generatif tumbuh sebesar 500%.

“Kalau tahun 2023 adalah tahun AI, maka tahun 2024 pasti akan menjadi tahun Automasi dan AI. Ketika kita melihat semakin banyak tim dengan cepat mengadopsi pedoman (guardrail), peraturan, dan alat yang tepat untuk meningkatkan skala AI dan Automasi, tim TI telah mengambil peran strategis dalam memastikan kesuksesan di seluruh lini bisnis,” kata Carter Busse, Chief Information Officer, Workato.

Busse mengatakan, pekerjaan automasi kini semakin banyak yang ditangani oleh tim di luar divisi TI karena automasi dan AI yang semakin mudah diakses.  

Berikut adalah temuan-temuan penting dalam Work Automation Index dari Workato:

1. Revenue operations (RevOps) dan IT operations terdepan dalam hal adopsi AI generatif 

Menurut indeks Workato, RevOps merupakan pengadopsi AI generatif teratas dengan 48% proses menggunakan teknologi ini. Di tempat kedua adalah TI yang use case-nya mencapai 31%.

2. Divisi operations melakukan lebih banyak otomatisasi daripada divisi lainnya

Misalnya, business operations mengotomatiskan 27,7% dari semua prosesnya di tahun 2023, lebih banyak daripada sub divisi di bahwa TI atau bisnis.

3. Proses-proses terotomatisasi menjadi lebih kompleks.