Find Us On Social Media :

Di 2024, AI Generatif Bawa Tiga Perubahan Ini ke Dunia Kerja

By Liana Threestayanti, Rabu, 6 Maret 2024 | 16:05 WIB

AI generatif berpotensi berkembang menjadi bagian dari keseharian bisnis kecil maupun besar, serta individu. Apa dampaknya terhadap cara kita bekerja?

Penulis: Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud

Di tahun 2024 ini, artificial intelligence (AI) generatif, atau generative AI, berpotensi untuk berkembang menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari setiap bisnis kecil, setiap tim di perusahaan besar, dan setiap pekerja sendiri. Lalu, apa dampaknya terhadap cara kita bekerja?

Sejak tahun lalu, kami telah melihat orang-orang bekerja dengan AI generatif di berbagai produk kami, melalui Gemini untuk Google Workspace. Teknologi ini dapat mendukung keterampilan yang sudah dimiliki, misalnya saat seorang penulis ingin menyempurnakan karyanya dengan menggunakan editor virtual atau seorang desainer sedang membutuhkan bantuan untuk mencari ide. 

Namun, AI genratif juga dapat menghadirkan keterampilan baru, seperti ketika seorang pengguna awam spreadsheet memanfaatkan AI untuk mengolah tabel layaknya ahli.

Ada banyak inovasi teknologi di balik layar pengembangan AI generatif. Akan tetapi, yang penting bagi pemilik atau karyawan bisnis kecil adalah dampak output-nya atau efektivitas teknologi ini dalam membantu membuat pekerjaan lebih efisien, menjaga kinerja, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. 

Kami percaya para pengguna teknologi AI generatif akan merasakannya dalam tiga hal utama.

Model AI multimodal akan meningkatkan proses kerja UMKM

Pada tahun 2024, kita akan mulai melihat kecanggihan AI multimodal, yaitu AI yang dapat memahami informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, video, dan lainnya, dalam mendukung kinerja organisasi besar maupun kecil, termasuk UMKM.

Tidak hanya memberikan hasil yang lebih bermanfaat, teknologi ini menawarkan kemampuan dalam beberapa modalitas sekaligus. Sebagai contoh, hasil kalkulasi di spreadsheet dapat dimasukkan ke dalam isi email, yang ditulis dengan mempertimbangkan interaksi sebelumnya dengan pelanggan, mungkin disertai diagram atau ilustrasi yang relevan.

Kemajuan ini akan bermanfaat bagi semua organisasi, tetapi khususnya bagi bisnis kecil, di mana satu orang mungkin melakukan banyak pekerjaan sendirian. Misalnya, pemilik sebuah bengkel sepeda menerima foto dari pelanggan tentang kerusakan sepedanya, dan AI multimodal akan dapat memahami gambar itu lalu mendeskripsikan masalah yang terjadi.

Inilah AI bisnis yang memberikan kapabilitas tambahan, memungkinkan pengguna merepresentasikan diri dan pekerjaannya dengan memanfaatkan berbagai macam ekspresi. Selain itu, melalui interaksi percakapan dengan AI dengan gaya yang disesuaikan dengan gaya tiap-tiap individu, setiap pengguna dapat mengoptimalkan komunikasinya baik dengan tim internal maupun dengan pelanggan agar terasa lebih personal.

UMKM akan meningkatkan kemampuan membuat perintah