Find Us On Social Media :

Di 2024, AI Generatif Bawa Tiga Perubahan Ini ke Dunia Kerja

By Liana Threestayanti, Rabu, 6 Maret 2024 | 16:05 WIB

AI generatif berpotensi berkembang menjadi bagian dari keseharian bisnis kecil maupun besar, serta individu. Apa dampaknya terhadap cara kita bekerja?

Penulis: Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud

Di tahun 2024 ini, artificial intelligence (AI) generatif, atau generative AI, berpotensi untuk berkembang menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari setiap bisnis kecil, setiap tim di perusahaan besar, dan setiap pekerja sendiri. Lalu, apa dampaknya terhadap cara kita bekerja?

Sejak tahun lalu, kami telah melihat orang-orang bekerja dengan AI generatif di berbagai produk kami, melalui Gemini untuk Google Workspace. Teknologi ini dapat mendukung keterampilan yang sudah dimiliki, misalnya saat seorang penulis ingin menyempurnakan karyanya dengan menggunakan editor virtual atau seorang desainer sedang membutuhkan bantuan untuk mencari ide. 

Namun, AI genratif juga dapat menghadirkan keterampilan baru, seperti ketika seorang pengguna awam spreadsheet memanfaatkan AI untuk mengolah tabel layaknya ahli.

Ada banyak inovasi teknologi di balik layar pengembangan AI generatif. Akan tetapi, yang penting bagi pemilik atau karyawan bisnis kecil adalah dampak output-nya atau efektivitas teknologi ini dalam membantu membuat pekerjaan lebih efisien, menjaga kinerja, dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan. 

Kami percaya para pengguna teknologi AI generatif akan merasakannya dalam tiga hal utama.

Model AI multimodal akan meningkatkan proses kerja UMKM

Pada tahun 2024, kita akan mulai melihat kecanggihan AI multimodal, yaitu AI yang dapat memahami informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, video, dan lainnya, dalam mendukung kinerja organisasi besar maupun kecil, termasuk UMKM.

Tidak hanya memberikan hasil yang lebih bermanfaat, teknologi ini menawarkan kemampuan dalam beberapa modalitas sekaligus. Sebagai contoh, hasil kalkulasi di spreadsheet dapat dimasukkan ke dalam isi email, yang ditulis dengan mempertimbangkan interaksi sebelumnya dengan pelanggan, mungkin disertai diagram atau ilustrasi yang relevan.

Kemajuan ini akan bermanfaat bagi semua organisasi, tetapi khususnya bagi bisnis kecil, di mana satu orang mungkin melakukan banyak pekerjaan sendirian. Misalnya, pemilik sebuah bengkel sepeda menerima foto dari pelanggan tentang kerusakan sepedanya, dan AI multimodal akan dapat memahami gambar itu lalu mendeskripsikan masalah yang terjadi.

Inilah AI bisnis yang memberikan kapabilitas tambahan, memungkinkan pengguna merepresentasikan diri dan pekerjaannya dengan memanfaatkan berbagai macam ekspresi. Selain itu, melalui interaksi percakapan dengan AI dengan gaya yang disesuaikan dengan gaya tiap-tiap individu, setiap pengguna dapat mengoptimalkan komunikasinya baik dengan tim internal maupun dengan pelanggan agar terasa lebih personal.

UMKM akan meningkatkan kemampuan membuat perintah

Dua hal terpenting tentang AI generatif di tempat kerja adalah kemampuan pengguna untuk memanfaatkannya, dan manfaat yang diberikannya bagi pengguna.

Pada tahun 2024, bisnis besar maupun kecil, mulai bisnis kecil yang dikelola keluarga hingga perusahaan global, akan meningkatkan kemampuan mereka membuat perintah yang efektif. Kemampuan ini dapat membantu berbagai hal, mulai dari membuat konten untuk pemasaran email, hingga menulis dan menyempurnakan pesan balasan bagi pelanggan.

Bisnis kecil mungkin perlu menulis email bagi pelanggan untuk menawarkan promo spesial, membicarakan pembelian sebelumnya, dan menjelaskan keuntungan berbisnis dengan mereka. Atau mungkin, mereka perlu menulis atau memoles konten email atau newsletter bulanan, atau bahkan meminta saran dalam membalas email dari salah satu supplier.

Jika Anda sudah menggunakan, atau tertarik mencoba Gemini untuk Workspace, ada beberapa tips menulis perintah (prompt) untuk membantu memberikan hasil yang lebih bermanfaat:

Kolaborasi dengan AI Generatif akan menjadi keharusan baru dalam bekerja

Salah satu hal paling menarik tentang AI generatif adalah teknologi ini mendukung interaksi alami, tetapi dibekali dengan komputasi yang luar biasa canggih. Anda cukup mengucapkan atau mengetikkan perintah, dan di balik layar, jutaan interaksi komputer akan menghasilkan informasi yang Anda butuhkan dalam sekejap mata. 

Idealnya, kualitas produk AI generatif akan meningkat seiring waktu, mampu membantu orang berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan lebih baik sekaligus menjaga keamanan dan privasi pengguna serta data mereka.

Tahun ini, kita akan melihat percakapan yang lebih intens lagi antara manusia dan AI generatif, seiring kemajuan teknologi ini dan pengguna yang semakin terbiasa bekerja dengannya. Tidak seperti dengan jenis aplikasi menulis dan produktivitas sebelumnya, banyak aktivitas akan terjadi di dalam proses kreasi, mungkin dengan saran yang dapat mempercepat pekerjaan atau saran yang menunjukkan alur kerja atau proses yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Pada saat yang bersamaan, AI terus bertambah canggih dalam membaca kebutuhan situasional di dalam sebuah bisnis, dan akan dapat menyarankan alur kerja yang paling optimal untuk saat itu. Misalnya pada saat rapat, AI mungkin menawarkan kemampuannya untuk membuat rangkuman rapat dan mengirimkannya kepada semua pihak terkait. Atau, mungkin saja saat Anda bekerja sendiri mendesain sebuah produk baru, AI menyarankan alat atau gambar untuk digunakan.

Kecanggihan AI generatif bersumber dari data, jadi respons terbaiknya akan lebih mungkin berasal dari layanan berbasis cloud yang secara bawaan melindungi privasi dan keamanan pengguna, bukan dari aplikasi model lama yang menyimpan data di laptop dengan file yang dibagikan sebagai lampiran tanpa kontrol akses. 

Sistem berbasis cloud memiliki kemampuan untuk mengubah dunia kerja dengan saran yang relevan dan dipersonalisasi, serta dengan memanfaatkan konteks pekerjaan Anda, seperti email atau file yang tersimpan di cloud, dengan cara yang tetap menjaga privasi Anda.

Namun, percakapan yang paling penting adalah antara Anda dan kolega, perusahaan, dan pelanggan Anda. Saya sudah tidak sabar untuk melihat manfaatnya bagi Anda semua, para pengguna yang akan merasakan dampak positif AI generatif pada tahun 2024 ini dan seterusnya.

Baca juga: Cara Telkomsel Gunakan Generative AI untuk Meningkatkan Pelayanan

Baca juga: Meski Tertinggal, Apple Akan Hadirkan Teknologi AI Generatif Tahun Ini