Find Us On Social Media :

Mengenal DWDM dan SOCC, Teknologi untuk Jaringan Cepat dan Andal

By Wisnu Nugroho, Senin, 12 Agustus 2024 | 17:01 WIB

Mari mengenal teknologi DWDM dan SOCC yang memungkinkan terwujudnya jaringan yang cepat dan andal

Saat ini, hampir seluruh aspek kehidupan kita telah tersentuh teknologi digital. Data menunjukkan, jumlah pengguna digital banking di empat bank terbesar di Indonesia mencapai 99,1 juta nasabah, dengan jumlah transaksi mencapai 32,5 miliar transaksi per tahun. Angka ini meningkat sekitar 20% dibanding tahun sebelumnya. 

Angka-angka tersebut menunjukkan, saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan platform digital untuk melakukan transaksi finansial. Jika ditilik lebih jauh, fenomena pemanfaatan platform digital juga meningkat tajam di area e-commerce, pendidikan, komunikasi, sampai hiburan.

Hal ini tentu saja menciptakan peluang tersendiri bagi perusahaan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan platform digital, kita bisa memberikan produk serta layanan baru. Namun untuk menggapai peluang tersebut, kita harus memastikan memiliki infrastruktur digital yang andal. Jangan sampai pelanggan yang berharap kepraktisan, justru kecewa karena ketidakandalan sebuah layanan digital. 

Salah satu kunci menciptakan infrastruktur digital yang andal terletak pada kualitas jaringan atau network. Jaringan yang memiliki kecepatan tinggi, bandwidth besar, low latency, serta minim disrupsi, akan memastikan pengalaman digital yang memuaskan. 

Di sinilah peran teknologi DWDM menjadi krusial. Secara konsep, DWDM adalah teknologi yang memungkinkan penambahan kapasitas jaringan dengan tetap menggunakan kabel serat optik yang sudah ada. 

Dengan DWDM, kapasitas jaringan bisa meningkat berkali-kali lipat tanpa harus membangun kabel serat optik baru. Bahkan ketika perangkat DWDM (seperti Huawei OptiXtrans DC908) dipadankan dengan storage yang kompatibel (seperti Huawei OceanStor Dorado), akan terbentuk sistem bernama SOCC yang gesit menghadapi disrupsi jaringan. 

Keren, kan? Yuk kita berkenalan lebih lanjut dengan solusi DWDM dan SOCC ini. 

Apa itu DWDM?

Pada dasarnya, DWDM (Dense Wavelength-Division Multiplexing) adalah teknologi yang dapat menghantarkan beberapa data stream melalui sebuah serat optik. Hal ini berbeda dengan teknologi sebelumnya yang hanya mengantarkan satu data stream per serat optik. Dengan DWDM, kecepatan dan bandwidth jaringan akan meningkat berlipat ganda dengan tetap menggunakan jaringan serat optik yang sama. 

Jika dianalogikan, teknologi DWDM mirip seperti ketika kita menambah jalan bertingkat, di atas jalan yang sudah ada. Lebar jalan yang dibutuhkan praktis tidak berubah. Namun karena jalannya menjadi lebih banyak, jumlah kendaraan yang bisa melintas akan meningkat, begitu pula kecepatan masing-masing kendaraan.

Gambaran kerja teknologi DWDM yang memungkinkan pengiriman multiple data stream menggunakan satu kabel serat optik.