Find Us On Social Media :

Dua Brand Batik Ini Manfaatkan E-commerce untuk Kembangkan Bisnis

By Rafki Fachrizal, Kamis, 3 Oktober 2024 | 18:45 WIB

Ilustrasi Batik.

Batik, sebagai warisan budaya Indonesia, tidak hanya dikenal di dalam negeri tetapi juga di panggung internasional.

Di era digital ini, banyak brand batik lokal yang mulai memanfaatkan platform e-commerce sebagai strategi untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

Dengan platform e-commerce, mereka dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas, menjadikan produk batik yang kaya akan nilai seni dan budaya ini semakin mudah diakses oleh berbagai kalangan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dua brand batik lokal yaitu Nona Rara dan OE (Oemah Etnik), yang telah sukses memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Fesyen, Produk Batik Makin Laris

1. Nona Rara

Bisnis lokal batik ini didirikan oleh kakak beradik yang tumbuh di tengah perajin batik, Pipiet Noorastuti dan Atiek Octrina, pada tahun 2008.

Keduanya memiliki misi agar batik bisa dipakai oleh masyarakat dari berbagai lapisan, dan di segala kegiatan, sekaligus menyosialisasikan keindahan wastra nusantara.

Dalam konferensi pers Tokopedia dan ShopTokopedia pada Rabu (02/10/2024), Brand Manager Nona Rara, Yunita Stefani, mengatakan, "Dalam membangun Nona Rara, kami dihadapkan oleh berbagai tantangan. Salah satunya membangun ekosistem yang kuat dalam menjaga warisan budaya di tengah perkembangan zaman. Selain itu, guna terus melestarikan batik, kami juga mempertahankan teknik batik tulis dan cap dalam menciptakan produk, serta menawarkan produk fesyen berbahan dasar batik tulis dan cap ini dengan harga terjangkau."

Nona Rara kini telah berhasil memberdayakan puluhan karyawan. Nona Rara juga menggandeng hampir 30 perajin lokal batik dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Solo, Pekalongan, Cirebon, dan Garut.

"Untuk mengupayakan bisnis yang ramah lingkungan, Nona Rara memiliki sister brand yaitu PART of Nona Rara yang fokus mengolah sisa kain untuk menjadi produk baru fesyen bernilai jual. Produk PART of Nona Rara memiliki range harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Nona Rara sehingga dapat merangkul audiens dari segmen yang berbeda, dan pada akhirnya makin memperluas target pasar," jelas Yunita.

Diketahui, Nona Rara juga memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memperluas jangkauan pelanggannya.

Khusus di ShopTokopedia, Nona Rara lebih fokus mempromosikan PART of Nona Rara guna meningkatkan awareness batik di tengah generasi muda.