Find Us On Social Media :

Beberapa Tren Penggunaan Konfigurasi Kamera Ganda di Smartphone

By Dayu Akbar, Sabtu, 23 Juni 2018 | 18:19 WIB

Saat ini, salah satu tren kamera yang disematkan pada smartphone adalah kamera ganda. Kamera ganda yang dimaksud di sini adalah dua kamera pada satu sisi, baik di depan maupun di belakang. Bahkan ada yang memasang kamera ganda pada sisi depan dan belakang, yaitu Huawei Nova 2i.

Kamera ganda yang disematkan pada smartphone tersebut masing-masing tentunya memiliki konfigurasi yang berbeda. Pada saat mengambil gambar, keduanya akan memberikan hasil yang berbeda pula meskipun objeknya sama. Nah, pemanfaatan kamera ganda ini sendiri tidak persis sama antara suatu smartphone dengan yang lain. Ada yang lebih ditujukan untuk digunakan secara sendiri-sendiri, ada pula yang lebih ditujukan untuk digunakan sekaligus.

Untuk model penggunaan yang sekaligus, kedua hasil yang berbeda tersebut kemudian diolah oleh peranti lunak menghasilkan suatu foto yang unik. Contohnya adalah untuk menghasilkan noise yang lebih rendah saat memotret di cahaya minim.

Salah satu tujuan produsen smartphone membuat smartphone dengan kamera ganda adalah untuk setidaknya lebih bisa mendekati kualitas kamera DSLR atau mirrorless. Kamera DSLR atau mirrorless memiliki keuntungan dalam hal penggunaan lensa karena lensanya dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Smartphone tentu tidak memiliki kemewahan seperti itu. (Yahya Kurniawan)

Berikut ini adalah beberapa kombinasi kamera ganda yang ada pada smartphone terkini.

Normal dan Wide Angle

Kombinasi kamera ganda yang paling umum pada saat ini adalah kombinasi kamera dengan lensa normal dan lensa wide angle. Lensa normal adalah lensa yang bakal dipasang pada smartphone tersebut andai kata tidak berkamera ganda. Sebuah lensa yang biasa bukan dalam arti kualitasnya yang buruk, tetapi sudut pandangnya standar, tidak lebar. Sementara lensa wide angle adalah lensa dengan sudut pandang lebar.

Kamera dengan lensa biasa akan kesulitan untuk menangkap gambar saat memotret sekelompok orang secara beramai-ramai karena orang yang di ujung kiri dan kanan tidak akan “masuk” ke dalam kamera. Oleh karena itu, sebagai pendampingnya, dipasanglah sebuah kamera dengan lensa yang memiliki focal length lebih pendek daripada lensa normal.

Lensa yang memiliki focal length lebih pendek akan mampu menangkap gambar dengan sudut yang lebih lebar. Kelemahannya, bagian ujung kiri dan kanan hasil tangkapan kamera akan terdistorsi, akan terlihat melengkung.

Beberapa produsen tertentu memasang kamera ganda dengan kombinasi seperti ini sebagai kamera depan. Akibatnya, smartphone tersebut bisa digunakan untuk selfie dengan jangkauan lebar.

Contoh smartphone dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi seperti ini adalah LG G6. Sementara yang memasang kamera ganda seperti itu di depan adalah ASUS Zenfone 4 Selfie Pro.