Find Us On Social Media :

Keren, Ini Beberapa Benda yang Berhasil dibuat Oleh Printer 3D

By Dayu Akbar, Sabtu, 30 Juni 2018 | 06:00 WIB

kredit: www.lifehacker.com

Sekitar 35 tahun lalu, Chuck Hull menciptakan printer 3D pertamanya di tahun 1983. Sejak saat itu, perkembangan teknologi printer 3D makin hari makin pesat dengan berbagai inovasi, tidak hanya dari teknologi yang diusungnya, tetapi juga hasil cetak yang berhasil dibuatnya. Siapa sangka dengan bermodal printer 3D, orang bisa membuat sebuah rumah bahkan gedung. Berikut ini beberapa contoh hasil cetak dari printer 3D yang cukup menarik untuk diulas.

Bagian tubuh

kredit: www.prototypster.ru

Tahukah Anda bahwa bagian tubuh seperti kuping, ginjal, pembuluh darah, kulit, sampai tulang, telah berhasil dibuat atau dicetak menggunakan printer 3D? Para peneliti, khususnya di bidang kedokteran telah menggunakan bagian tubuh buatan tersebut untuk keperluan penyembuhan pasien. Salah satu contoh bio-printing telah berhasil dilakukan yaitu oleh tim dari Wallenberg Wood Science Center di Swedia. Mereka berhasil mengembangkan dan menguji coba tulang rawan buatan hasil cetakan printer 3D. Tulang rawan ini dibuat untuk mengganti bagian tubuh yang rusak akibat kecelakaan atau kanker. Tulang rawan ini dibuat guna membantu para ahli bedah yang kesulitan membuat bagian tertentu pada tulang rawan.

Mobil

kredit: www.bbc.com

Local Motors, perusahaan otomotif yang berbasis di Arizona merupakan perusahaan yang pertama kali berhasil membuat mobil yang fisiknya dicetak menggunakan printer 3D dan merakitnya secara utuh. Hebatnya lagi, mobil yang diberi nama Strati ini mampu berfungsi layanya mobil buatan pabrik lainnya. Menggunakan sumber daya listrik dari baterai, Strati mampu menempuh jarak hingga 193 km hanya dengan sekali pengisian baterai saja. Bahkan Strati berhasil dipacu hingga kecepatan 64,4 km per jam. Strati hanya memiliki 49 bagian, termasuk bodi, motor, roda, kursi penumpang dan pengemudi, sampai kaca depan. Semuanya dicetak menggunakan printer 3D menggunakan bahan dasar thermoplastic yang kemudian diperkuat dengan carbon fiber. Proses perakitannya pun tidak serumit mobil biasa. Para teknisi Strati mampu merakitnya dalam tempo 44 jam.

Patung mini

kredit: www.weareformation.com

Kemampuan printer 3D membuat orang bebas berimajinasi membuat obyek benda dengan cara instan. Diantaranya membuat patung duplikat dari orang tersebut. Sebelum dicetak, orang yang ingin dibuat duplikatnya mesti berpose dalam sebuah alat yang dilengkapi dengan 48 kamera digital. Kamera-kamera ini kemudian akan menggabungkan potongan gambar-gambar tadi dari berbagai sudut dan memprosesnya menjadi gambar tiga dimensi. Pertama kali ide ini muncul di Jepang dan kini sudah merambah berbagai belahan dunia karena menghasilkan karya yang cukup menarik. Kini pun sudah banyak jasa pencetak patung mini tersebut dari situs-situs yang bertebaran di internet. Tentu saja metode untuk pengambilan bentuk keseluruhan tubuh tersebut dibuat lebih sederhana dan berbeda dengan konsep pembuatan patung yang disebut sebelumnya.

Drone

kredit: www.3dhubs.com