Find Us On Social Media :

Synergo: Meningkatkan Produkvitas Karyawan melalui Sistem KPI

By Wisnu Nugroho, Kamis, 19 Juli 2018 | 09:09 WIB

Domenico Tukiman (kiri) dan Rhapsody Budiono, founder Synergo

Dalam sebuah eksperimen, peneliti dari Florida State University, Sebastian J. Goerg, mencoba mengungkap korelasi antara target dan produktivitas. Eksperimen tersebut melibatkan pustakawan yang ditugaskan menyusun kembali buku ke lokasi seharusnya. Dari eksperimen tersebut terungkap, pustakawan yang diberi target berhasil menyusun 15% buku lebih banyak dibanding pustakawan yang tidak dibebani target.

Penelitian Goerg tersebut adalah satu dari sekian banyak riset yang menunjukkan manfaat pemberian target atau goal setting terhadap kinerja seseorang. Hal ini yang kemudian diadopsi di lingkungan perusahaan dengan menerapkan KPI (Key Perfomance Indicator). Dengan KPI, perusahaan menetapkan target besar yang ingin dicapai, untuk kemudian diturunkan ke tiap individu di lingkungan perusahaan. 

Memudahkan Pengelolaan

Saat bekerja di beberapa perusahaan di AS, Domenico Tukiman merasakan langsung manfaat sistem KPI yang sudah matang di sana. “Ketika saya masuk perusahaan, sudah jelas targetnya apa, apa yang harus dilakukan, serta pembelajaran apa yang harus diambil untuk mengembangkan karir” jelas pria yang akrab dipanggil Dom tersebut. Dengan sistem yang tertata itu, Dom merasa memiliki arah yang jelas dalam pengembangan diri. 

Namun ketika kembali ke Indonesia, Dom melihat sistem manajemen ketenagakerjaan seperti itu masih jarang di Indonesia. Karena itulah bersama Rhapsody Budiono, software engineer yang juga pernah bekerja di AS, Dom membangun Synergo. Solusi ini pada dasarnya adalah workforce management berbasis cloud yang memberi kemudahan bagi manajemen dalam menyusun target dan KPI dari tiap individu di dalam perusahaan.

Saat wawancara dengan InfoKomputer, Dom pun menunjukkan cara kerja Synergo. Contohnya sebagai CEO, ia bisa melihat target yang dibebankan kepadanya, dan kepada siapa target itu diturunkan. Contohnya di target sales, Dom bisa melihat turunan target yang dibebankan kepada dua sales manager-nya, berikut dengan task spesifik yang harus mereka lakukan. “Pencapaian dari dua sales manager ini kemudian dikonsolidasi menjadi pencapaian saya” ungkap Dom.

Sedangkan di sisi karyawan, mereka akan mendapatkan dashboard sendiri berisi deretan task yang harus dilakukan. Setiap selesai melakukan sebuah tasks, karyawan bisa mencentang tanda selesai yang langsung tercatat di sistem. Contohnya ketika task seorang sales adalah bertemu seorang klien, dia bisa langsung melaporkan kunjungannya via aplikasi smartphone. “Laporannya bisa berupa check-in di kantor klien atau berfoto bersama klien tersebut” tambah Dom untuk menggambarkan kemudahan yang diberikan solusi Synergo.

Tiga Lapis

Memonitor pencapaian sebenarnya bukan bagian tersulit dari sebuah sistem KPI. Tantangan terbesar adalah bagaimana menentukan target dari tiap individu yang bisa berkorelasi langsung dengan target besar yang ingin dicapai perusahaan. Karena itulah di sistem Synergo, sebuah target diturunkan ke dalam tiga level, yaitu goals, sub-goals, dan tasks. “Jadi tasks yang menjadi target tiap individu harus berkorelasi dengan sub-goals dan goals perusahaan” tambah Dom.

“Target yang ditetapkan benar-benar merefleksikan kondisi yang terjadi di lapangan” Domenico Tukiman

Solusi Synergo juga dirancang agar bisa merepresentasikan dinamika pekerjaan yang terjadi sehari-hari. “Jadi bukan semata-mata karena hubungan struktur, namun harus menggambarkan situasi kerja di lapangan” ungkap Dom. Sistem penilaian pun bersifat 360o, sehingga kinerja seorang karyawan dinilai dari atasan, bawahan, maupun rekan kerja di level yang sama.

Untuk membantu perusahaan membuat sistem penilaian, tim Synergo akan melakukan pendampingan di awal proses. “Nanti akan tim onboarding dari Synergo yang membantu proses implementasi” tanya Dom. Biasanya, proses onboarding ini memakan waktu sekitar dua bulan. Kalaupun ada kendala setelah proses onboarding, Synergo menyediakan fasilitas customer service yang siap membantu.