Find Us On Social Media :

Inilah Sembilan Tips Bikin Video Pakai Smartphone ala Profesional

By Rizal, Sabtu, 18 Agustus 2018 | 16:00 WIB

Ilustrasi ambi video pakai smartphone

Kehadiran smartphone benar-benar merubah stigma pengambilan video yang membutuhkan kamera profesional.

Smartphone premium yang beredar saat ini sanggup menghasilkan video yang berkualitas bagus.

Bahkan, ada smartphone premium seperti Sony XZ Premium yang sudah mengusung resolusi layar 4K. Tentunya, pengambilan video melalui smartphone memerlukan beberapa teknik.

Berikut tipsnya :

1. Landscape

Jangan merekam video dalam posisi vertikal walaupun saat ini pengambilan video vertikal sedang menjadi tren semenjak munculnya Stories dan IGTV. Apabila kamu merekam video dalam posisi vertikal, nantinya bakal ada latar berwarna hitam yang mengisi sisi kiri dan kanan video.

2. Framing

Anda harus mengetahui tentang framing dari subjek atau objek yang akan diambil. Kamu perlu menempatkan subjek atau objek itu dalam posisi yang tepat, misalnya berada di tengah layar, sisi kiri atau kanan layar. Cari penempatan posisi yang paling baik dan hindari ada gambar yang tidak enak dilihat di bagian latar.

3. Zoom

Saat ini baru sedikit smartphone yang memiliki kemampuan digital zoom dengan baik. Karena itu, perhatikan gambar pada layarnya jangan sampai terlalu banyak menimbulkan noise.

4. Flash

Hati-hati menggunakan lampu LED Flash pada smartphone ketika mengambil video. Karena lampu flash bisa membuat mata seseorang dalam video atau foto jadi berwarna merah atau kuning terang. Sebaiknya, hindari penggunaan Flash saat merekam video dan Anda bisa mencari sumber cahaya lain seperti penggunaan perangkat lighting atau neon sign.