Platform streaming, baik itu film atau musik, biasanya memiliki dua skema berlangganan. Mereka akan menyediakan pilihan berlangganan gratis dengan subsidi iklan, atau membayar untuk menikmati konten tanpa iklan.
Strategi ini biasanya digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Namun, tidak dengan Netflix. Perusahaan video on demand asal Amerika Serikat ini enggan menggunakan skema "gratisan".
Alasannya, menggunakan skema iklan seperti itu akan merusak proporsi Netflix sebagai brand bebas iklan.
Selain itu, CEO Netflix, Reed Hastings mengatakan membangun bisnis iklan untuk platform digital cukup menantang, karena harus melibatkan raksasa iklan online yang sudah ada seperti Google, Facebook, dan Amazon. Menggunakan jasa mereka pun tidak murah.
"Mereka mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Untuk bisa bertahan dengan raksasa-raksasa itu, Anda harus mengeluarkan biaya sangat besar untuk melacak lokasi dan hal-hal lain yang tidak ingin kami lakukan," jelas Hastings.
Apalagi, regulator di Eropa dan Amerika Serikat beberapa tahun belakang cukup ketat mengawasi pergerakan perusahaan internet raksasa, seperti Google dan Facebook, terkait penggunaan data pribadi.
Google dan Facebook juga sempat dikenai denda, karena terbukti lalai melindungi data pribadi pengguna. Hastings juga ingin Netflix yang identik dengan slogan "Netflix and Chill", tetap menjadi platform hiburan yang menyenangkan, tanpa risiko mengganggu data pribadi pengguna.
"Kami ingin menjadi "tempat" istirahat di mana Anda bisa bereksplorasi, bisa terstimulasi, bahagia, santai, dan relaks, tanpa ada kontroversi ekploitasi pengguna dengan munculnya iklan," kata Hastings seperti dihimpun Business Insider.
Prinsip ini berbeda dengan yang dilakukan pesaingnya, seperti Hulu yang justru sukses membangun bisnis iklannya. Netflix pun punya strategi sendiri untuk meningkatkan pendapatan selain dari berlangganan.
Salah satunya adalah membuat tim produk konsumer yang bekerja sama dengan merek lain seperti Ben & Jerry, atau Nike untuk mempromosikan Netflix. Mereka juga melakukan co-marketing dengan beberapa merek, seperti Baskin-Robbins dan Burger King untuk melakukan penempatan produk di film original Netflix.
Film Netflix Paling Populer
Kini, seperti tahun-tahun sebelumnya, Netflix kembali merilis daftar film dan serial yang paling populer sepanjang 2019. Secara garis besar, serial orisinal Netflix teranyar mendominasi daftar serial terpopuler tahun ini.
Beberapa di antaranya mencakup serial yang diadaptasi dari game role-playing (RPG) ikonik dengan judul yang sama, The Witcher. Adapula serial yang terinspirasi dari komik superhero karangan vokalis band My Chemical Romance, The Umbrella Academy.
Untuk daftar film terpopuler, deretan film orisinal terbaru besutan Netflix juga masih mendominasi. Seperti film yang dibintangi aktor kawakan Adam Sandler, Murder Mystery dan film 6 Underground yang diperankan oleh aktor Ryan Reynolds.
Meski demikian, ada pula sejumlah film dari Disney yang baru masuk Netflix di tahun ini turut masuk ke dalam daftar terpopuler. Walaupun film tersebut sejatinya sudah dirilis di layar lebar di tahun 2018 lalu.
Seperti contohnya adalah The Incredibles 2 dan Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2, juga turut mejeng di daftar film terpopuler.
Perlu dicatat, Netflix membuat daftar film dan serial terpopuler ini berdasarkan jumlah pelanggan yang menonton sebuah film atau serial Netflix, setidaknya dua menit dalam kurun waktu 28 hari pertama sejak konten tersebut dirilis.
Namun, tetap saja hal itu perlu dipertanyakan kembali. Sebab, beberapa konten orisinal Netflix terbaru yang mejeng di dalam daftar terpopuler, seperti The Witcher yang dirlis 20 Desember dan 6 Underground yang dirilis 10 Desember, sejatinya belum berumur 28 hari.
Terlepas dari itu, berikut adalah daftar 10 serial dan film yang paling populer di Netflix selama 2019 sebagaimana dirangkum BGR, Rabu (1/1/2020).
10 serial terpopuler di Netflix 2019:
1. Stranger Things (Season 3)
2. The Witcher
3. The Umbrella Academy
4. Dead to Me
5. You (Season 2)
6. When They See Us
7. Unbelievable
8. Sex Education
9. 13 Reasons Why (Season 3)
10. Raising Dion
10 film terpopuler di Netflix 2019:
1. Murder Mystery
2. 6 Underground
3. The Incredibles 2
4. The Irishman
5. Triple Frontier
6. Extremely Wicked, Shockingly Evil and Vile
7. The Highwaymen
8. Spider-Man: Into the Spider-Verse
9. Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2
10. Secret Obsession
Source | : | Business Insider |
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR