Bagi sebagian penonton, iklan di YouTube menjadi hal yang menyebalkan. Apalagi jika iklan tersebut berdurasi panjang.
Namun, di sisi lain, para kreator konten bergantung pada iklan untuk meraup pundi-pundi rupiah lewat adsense.
YouTube pun kini tengah mencari cara agar penonton tidak sering-sering melompati (skip) iklan.
Cara baru yang ditawarkan adalah menjadikan iklan yang lewat di YouTube sebagai media belanja.
Artinya, penonton bisa langsung membeli produk langsung di iklan yang lewat di YouTube. Saat iklan muncul, di sisi bawah layar utama akan muncul etalase produk. Pengguna bisa menggulir gambar untuk melihat-lihat produk.
Di bawah gambar produk, akan muncul tab yang akan mengarahkan penonton ke laman pengiklan.
Fitur baru ini diperkenalkan saat pembelian produk melalui e-commerce sedang tumbuh selama pandemi Covid-19.
Sebab, banyak orang yang memilih membeli online ketimbang harus keluar rumah. YouTube pun optimistis bahwa cara ini mampu menarik lebih banyak calon pembeli.
Menurut YouTube, ada sebanyak 70 persen konsumen yang mengaku membeli produk sebuah brand setelah menonton video di YouTube.
Untuk menggunakan fitur ini, para pengiklan harus melakukan sinkronisasi feed Google Merchant Center ke video iklan.
Google Merchant Center sendiri adalah platform digital atau tempat penyimpanan informasi tentang produk yang akan dijual.
Kemudian, pengiklan bisa menggunakan tombol "call to action" dengan produk terlaris yang ingin mereka tampilkan di iklan untuk menarik trafik penonton, lalu mengarahkan mereka ke laman resmi pengiklan.
Penulis | : | Adam Rizal |
Editor | : | Adam Rizal |
KOMENTAR