Exabytes mencatat adanya peningkatan jumlah signup user untuk produk UKM, seperti domain dan hosting UMKM, sebesar 95% di bulan April hingga Juni.
Pandemi COVID-19 memang memberikan dampak yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir. Situasi ini membuat semua aspek kehidupan masyarakat di Indonesia berubah drastis dan sangat memengaruhi kondisi ekonomi di tanah air. Beberapa dampak yang dirasakan, seperti pemutusan hubungan kerja hingga beberapa sektor yang menurun drastis termasuk UMKM.
Menurut prediksi dari Organisation of Economics Co-operation and Development (OECD) yang dirilis Juni 2020, sebanyak 50 persen dari UMKM di Indonesia bisa gulung tikar di September mendatang. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pun mendorong para UMKM untuk beralih ke online daripada mengandalkan bisnis offline karena 87 persen UMKM belum melakukan digitalisasi. Sekarang baru ada 8 juta UMKM atau 13 persen yang berbisnis digital.
Namun ada kabar baik yang cukup memberikan angin sejuk kepada para pelaku UMKM. E-commerce mengalami peningkatan cukup signifikan, yakni sebesar 26 persen selama pandemi. Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo bahwa penjualan di E-commerce pun naik diikuti dengan konsumen baru meningkat sebesar 51 persen dan permintaan melonjak 5-10 kali lipat.
Data tersebut memperlihatkan adanya perubahan perilaku konsumen, di mana konsumen cenderung berbelanja daring terutama di masa PSBB saat ini. Konsumen pun merasa terdesak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama bahan makanan dan keperluan rumah tangga. Masyarakat dibatasi untuk keluar rumah demi mengurangi penyebaran virus. Alhasil solusinya adalah dengan berbelanja online. Oleh karena itu, para pelaku usaha pun melihat sebuah peluang sehingga mereka beralih ke digital. Momen ini pun dimanfaatkan untuk berubah digitalisasi.
Peningkatan Signifikan Signup User
Hal ini terbukti dari data yang dipaparkan oleh Exabytes Indonesia, perusahaan penyedia hosting di Indonesia. Dalam Webinar SME DigitalFest yang disiarkan hari Sabtu (18/7) lalu, Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia menjelaskan bahwa terdapat kenaikan 23% untuk pembelian domain .ID selama PSBB berlangsung di bulan April hingga Juni 2020. Domain .ID adalah domain khusus negara Indonesia atau country code top level domain (ccTLD) yang sangat populer untuk menunjukkan identitas website Indonesia. Mayoritas domain .ID dan .CO.ID adalah domain populer yang biasa digunakan untuk mengembangkan bisnis.
Dan yang terpenting adalah adanya peningkatan jumlah signup user untuk produk UKM seperti domain dan hosting UMKM. Data tercatat adanya peningkatan sebesar 95% di bulan April hingga Juni dibandingkan periode di tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa UMKM mulai sadar bahwa sekarang perilaku konsumen berubah untuk belanja daring sehingga mereka harus melakukan transformasi dari konvensional ke online agar dapat mempertahankan bisnis yang dimiliki. Masa pandemi pun dijadikan momentum untuk go digital oleh para UMKM.
“Ini merupakan peningkatan cukup signifikan yang terjadi saat PSBB mulai diberlakukan. Hal ini membuktikan bahwa masa pandemi menjadi peluang untuk digitalisasi khususnya para UMKM. Dengan go digital, bisnis pun bisa mengikuti perkembangan, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga roda perekonomian terus bergerak,” imbuh Indra Hartawan.
Indra juga menambahkan bahwa selama pandemi kegiatan offline pun diubah menjadi online. Termasuk oleh kelas, seminar dan event dialihkan menjadi webinar online. Tercatat total lebih dari 1900 peserta menghadiri rangkaian webinar Exabytes dan merupakan angka tertinggi daripada event offline yang dilaksanakan sebelumnya.
Banyak peserta yang mengikuti webinar Exabytes yang umumnya membahas tentang bisnis online, tren bisnis selama new normal, strategi marketing hingga digital marketing agar bisa bertahan di kondisi yang sulit ditebak. Tema webinar yang dipilih pun disesuaikan dengan kebutuhan yang diperuntukkan khususnya untuk para pelaku UMKM dan bisnis agar dapat mengembangkan usahanya sekaligus memaksimalkan bisnisnya untuk go digital.
Dengan visi “Grow Business Online”, Exabytes Indonesia senantiasa untuk terus menerus berinovasi mendorong dan membantu para UMKM agar bisa melakukan perubahan ke digital demi memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat serta mempertahankan bisnis usaha terutama UMKM.
Gelar SME DigitalFest 2020
Dengan semangat membantu para UMKM di masa New Normal, Exabytes Indonesia akan menggelar event SME DigitalFest 2020. Event ini bertujuan untuk membantu UMKM di Indonesia dan bisnis online dengan menggunakan informasi, pengetahuan, teknik, dan solusi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan dalam lingkungan pasar yang semakin kompetitif.
Dengan tema SME DigitalFest : Digital Transformation in New Normal Era, acara ini menjadi konferensi yang interaktif yang akan menyampaikan informasi terbaru mengenai perkembangan UMKM di Indonesia sertai memberikan ilmu bermanfaat, wawasan menarik, kiat-kiat, trend terkini untuk menjalani bisnis di masa new normal hingga kisah yang dapat menginspirasi dengan para experts yang telah berkecimpung di bisnis online.
Mulai dari CEO, founder brand terkenal hingga para expert di bidangnya akan hadir di SME DigitalFest yang siap memberikan pengalaman dan insight menarik. Para pembicara SME DigitalFest yakni Roy Baskoro (FOKUS UMKM), Peter Shearer (Founder of Wahyoo), Dhyda Maryudha (Owner of Kopi Sagaleh), Juanda Rovelim (CEO Kavlink Solusi Digital), Anggoro Aninditho (Business Development Manager Exabytes Indonesia), Aldio Judisya (Social Media Manager Moka), Kevin Nathaniel dan Torana Sevina Julia (Foto Produk Jakarta), Pandhu Wiguna (Direct Sales Leader TikTok Indonesia), Zamar Rimba (Account Strategist at Google Indonesia), Joh Juda (Lead Customer Success MailTarget), Haikal Bekti Anggoro (SVP Traffic Operation Lazada), Aditya Kristanto (Founder of Pakar), Joe Handaya (SEO Manager at Bramble Furniture), Maria Anggraini (CEO & Founder This is April), Monica Amadea (Founder & CEO of Monomolly), Gitta Amelia (Co Founder Secondatte Beauty), Vancelia Wiradjaja (Managing Director Xing Fu Tang Indonesia), Najla Bisyir (Founder & CEO of Bittersweet by Najla), dan Christopher Aldo (Owner of YellowFit Kitchen).
Sebanyak 15.500 yang menonton SME DigitalFest. Acara ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada hari Sabtu (18/7) dan Minggu (19/7) yang disiarkan melalui Zoom, Facebook Live dan Youtube. Event ini diselenggarakan gratis atau tidak dipungut biaya apapun serta peserta bisa ikut berdonasi untuk sahabat-sahabat kita yang terdampak COVID-19.
Penulis | : | Liana Threestayanti |
Editor | : | Liana Threestayanti |
KOMENTAR